Kamis, 10 November 2016

Cara menempatkan kata kunci (keyword) dalam artikel

Cara menempatkan kata kunci (keyword) dalam artikel| Search engine optimization (SEO) mempunyai peranan yg sangat penting utk membuat sebuah web lebih dikenal dan terlihat pada halaman pertama SERP, salah satu faktornya adalah penggunaan kata kunci (keyword),penempatan kata kunci secara efektif akan memberikan dampak positif utk web anda jika anda tau bagaimana cara mengelolanya,perlu anda ketauhi,sebenarnya ada beberapa tempat yang dapat digunakan utk menempatkan kata kunci,melalui tempat tersebut anda bisa meletakan kata kunci yg anda bidik dengan benar.

Meta Keyword sudah kadaluarsa saat ini
Lupakan utk meletakan kata kunci pada meta keyword,karena cara seperti itu dianggap sudah kadaluarsa dimata algoritma terbaru google saat ini,beberapa tahun kebelakang,peletakan kata kunci pada meta keyword masih berpengaruh utk meningkatkan rangking sebuah halaman,tetapi berdasarkan informasi terupdate yg saya dapatkan,utk saat ini,terutama mesin pencari google udah tidak menjadikan meta keyword sebagai faktor yg mempengaruhi rangking halaman web.perwakilan google menyebutkan : " penyebabnya anatara lain banyak pengguna yg menyalahgunakan meta keyword utk menempatan keyword secara berlebihan (keyword stuffing) dan kadang terdapat kata kunci yg tidak relevan dengan isi artikel ".

Meskipun begitu anda jangan berkecil hati,karena selain meta keyword,masih banyak beberapa titik dalam halaman web utk meletakan keyword yg anda targetkan sebagai berikut :

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/11/cara-menempatkan-kata-kunci-keyword.html

1. Anda bisa meletakan kata kunci (Keyword) yg Anda bidik pada title tag.
Title tag adalah tag utk meletakan judul sebuah halaman, kata yg ditulis pada tag ini akan terlihat sebagai judul halaman pada browser,ingat mesin pencari pertama kali menulusuri halaman dimulai dari tag ini,jadi anda harus bisa memanfaatkan tag ini utk meletakan judul artikel anda,tentu saja judul yang mengandung kata kunci yg anda bidik.Aturan penulisan title tag utk optimasi SEO onpage adalah sebagai berikut :

Title tag harus mengandung kata kunci yg relevan dengan isi artikel,jumlah karakter utk judul artikel pada title tag ini disarankan tidak lebih dari 65 karakter,jika lebih gimana?,mesin pencari secara otomatis hanya akan menampilkan 65 karakter saja.
Utk judul tidak boleh ada pengulangan kata yg sama lebih dari dua kali.
Judul Artikel utk title tag harus uniq, artinya anda tidak boleh mempunyai artikel dengan dua judul yg sama persis pada alamat web/blog yg sama, jika terdapat dua judul artikel yg sama dalam satu alamat web/blog, google mengangapnya sebagai duplikat konten, dan ini tidak baik dimata search engine, jika anda belum mengeri apa itu duplikat kontent, anda bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara memahami duplikat kontent dalam seo.
Untuk kata kunci yg anda letakan pada tag ini, sebaiknya gunakan long tail keyword, artinya kata kunci dengan 3 sampai 5 suku kata.

Anda jangan khawarir bagaimana cara membuat judul utk ditempatkan dititle tag, karena setiap kali anda membuat judul utk artikel baru anda, secara otomatis judul tersebut akan ditempatkan pada title tag ini, yg perlu anda pikirkan adalah cara membuat judul yg kemungkinan dicari orang dan mengandung kata kunci yg anda bidik.

2. Jangan Sia-siakan penulisan URL atau alamat web, manfaatkan utk meletakan kata kunci anda.
Alamat url, tidak kalah pentingnya dengan title tag, anda bisa meletakan kata kunci yg anda bidik pada alamat url, alamat url bisa digunakan oleh pengunjung utk masuk kehalaman blog anda secara langsung, anda harus membuat alamat url sebisa mungkin mudah dipahami dan mudah utk diingat oleh pengunjung.
Contoh penulisan alamat url yg baik :
http :// strukturkode. blogspot. com/2014/2/cara-menempatkan-kata-kunci. html
Contoh penulisan alamat url yg kurang baik :
http :// strukturkode. blogspot. com/2014/2/post? page=234567
Utk alamat URL, anda harus memperhatikan penulisannya, semakin penulisannya mudah utk dipahami oleh pengguna maka akan semakin baik juga di mata mesin pencari.

3. Letakan atau tempatkan kata kunci Anda pada Meta description
Meta description digunakan utk menulis deskripsi atau penjelasan singkat dari artikel yg anda buat, harus diperhatikan, deskripsi suatu artikel adalah peluang kedua pertimbangan pengunjung utk mengunjungi web anda setelah judul artikel yg mereka cari ditemukan, oleh karena itu anda harus benar-benar membuat deskripsi artikel semenarik mungkin dan sebisa mungkin memberikan informasi kepada pengguna apa yg akan mereka dapatkan jika mereka masuk utk membaca artikel yg anda buat. syarat penulisan meta deskription adalah sebagai berikut :

Penulisan deskirpsi tidak boleh melibihi 165 karakter,
Tidak boleh ada pengulangan kata yg sama lebih dari 3 kali,
Deskripsi harus dibuat se spesific mungkin, bisa mewakili isi artikel, harus relevan dengan isi artikel yg anda buat, jangan lupa ketika anda membuat deskripsi, anda harus meletakan kata kunci yg anda bidik dengan baik.


4. Manfaatkan Heading tag utk meletakan kata kunci Anda, (H1 sampai dengan H6, Terutama H1 Tag)
Sampai saat ini, H1 atau heading 1 masih mempunyai peranan paling penting utk meningkatkan ranking halaman web. berdasakan analisa dan observasi para pakar seo, halaman web yg mempunyai tag H1 akan lebih mempunyai peluang utk terlihat lebih baik pada halaman SERP dibanding dengan halaman tanpa H1 tag, ketika anda meletakan kata kunci pada tag H1, secara tidak langsung anda memberi tahu search enggine tentang isi artikel, ada beberapa tips yang harus anda ikuti utk meletakan kata kunci pada heading tag yaitu :

Gunakan H1 tag utk meletakan Kata kunci utama yg Anda bidik, misal utk meletakan judul artikel. atau judul web ditambah dengan kata yg berkaitan,
Anda hanya boleh mempunyai H1 sebanyak hanya 1 buah saja dalam setiap artikel. Terlihat pertanyaan, bagaimana jika dalam sebuah artikel terdapat 2 atau lebih tag H1?, saya katakan itu tidak baik utk halaman artikel Anda, memang perlu dibuktikan, tapi cukup kita lihat dari berbagai pengalaman para pakar SEO, ketika mereka menempatkan lebih dari tag H1 dalam halaman artikel mereka, ternyata halaman mereka merosot di hasil pencarian google.
Utk Setiap Heading tag terutama Tag H1, harus mengandung kata kunci yg punya relevansi dengan title dan isi artikel, jangan terlalu berlebihan meletakan kata kunci dalam Tag H1, masukan sewajarnya saja.Jenis jenis sungai
Letakan Juga kata kunci pada beberapa tag tag H2 sampai dengan H6 jika anda kehendaki, heading tag selain H1, yaitu tag H2 sampai dengan tag H6 boleh terlihat lebih dari 1 kali dalam artikel. Apakah tag H1 sampai dengan H6 semuanya harus ada secara lengkap dalam artikel? saya katakan tidak harus yg terpenting adalah Tag H1, itu sifatnya wajib jika anda ingin membuat artikel anda berkualitas dimata mesin pencari.

5. Buatlah internal linkking sekaligus utk meletakan kata kunci yg anda bidik.
Membuat link dalam artikel bisa anda manfaatkan utk internal linklink, maksudnya link utk menuju ke halaman artikel lainnya dalam blog anda, tentu saja yang harus anda utamakan adalah menuju halaman yg mempunyai relevansi dengan artikel yg bersangkutan. utk membuat internal linkking harus juga anda perhatikan, terutama dalam hal penulisan text linknya, sebaiknya utk tulisan linknya menggunakan kata yang mengandung kata kunci artikel Anda, dan harus diingat, hindari membuat link dengan tulisan Misal : " Silahkan klik disini " atau " Klik utk melihat ", dan usahakan link yg dibuat adalah link dofollow, ketika diklik terlihat pada halaman tab baru, ini berguna utk linkjuice yang dapat menaikkan point halaman yg dituju, dan juga dapat memberi kenyamanan pengunjung Anda.

6. Tag body atau Isi artikel bisa kita manfaatkan utk meletakan kata kunci.
Anda harus bisa membuat isi artikel dengan mengembangkan kata kunci yg anda bidik, sertakan kata kunci anda ketika anda memaparkan isi artikel, utk meletakan kata kunci pada isi artikel jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak, jumlah kata kunci yang harus anda masukan pada isi artikel harus ideal, utk masalah ini memang tidak ada ketentuan khusus, dan google sendiri tidak pernah menyebutkan jumlahnya secara pasti, jumlah kata kunci dalam artikel biasanya disesuaikan dengan jumlah kata dalam artikel tersebut, utk memahami dengan lebih jelas, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang jumlah ideal kata kunci dalam sebuah artikel

7. Tambahkan alt atribut yg berisi kata kunci pada tag gambar yg kita sisipkan dalam artikel.
Ketika anda menyisipkan gambar pada artikel, usahakan utk menambah atribut alt didalamnya, fungsi atribut alt adalah utk memberi tahu google tentang maksud gambar tersebut, manfaatkan teks yg terdapat dalam atribut alt utk meletakan kata kunci yg kita bidik
biasanya script kode penulisan gambar adalah sebagai berikut :
Lihat:Tempat Yang Dibangun Dalam Waktu Semalam Saja.
Contoh penulisan yg tidak disarankan :
img src='gambar. jpg' width='100' height='100'/
Penulisan script utk gambar diatas tidak salah tetapi tidak disarankan, penulisan gambar seperti itu tidak memberi informasi apapun pada mesin pencari, jadi sebisa mungkin harus anda sadari.

Contoh penulisan script image yg disarankan :
img src='gambar. jpg' width='100' height='100' alt='ilustrasi cara menempatkan kata kunci'/
pada script diatas saya menambahkan atribut alt pada tag img tersebut, ini secara tidak langsung akan memberitahu mesin pencari tentang gambar yg dimaksud. penulisan seperti itu akan memperngaruhi halaman web agar lebih berkualitas dimata seach engine.
Baca juga:3 Blogger Indonesia Terkaya.
Demikian informasi sederhana yg bisa saya share mengenai Cara menempatkan kata kunci (keyword) dalam artikel semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates