Senin, 07 November 2016

Cara Membuat Judul Artikel Blog Menarik

Membuat Judul Artikel Blog Menarik
Tujuan menulis artikel-apapun,termasuk tujuan menulis artikel blog - adalah menyampaikan isi pikiran,ide,gagasan,pengaruh,wacana,beragam lainnya.Salah satu tolok ukur keberhasilan yg paling mudah dilihat adalah jumlah pembaca atau berapa kali artikel karya anda dibaca.Nah berapakah angka yg anda target? Ratusan? Ribuan? Atau bahkan jutaan? Tentu merupakan pertanyaan klise,sebab sudah sangat pasti jawabannya adalah : Sebanyak-banyaknya!

Dalam beberapa kasus,banyak artikel blog cuma mampir publikasi dan akhirnya hanya menjadi koleksi yg sekedar menambah jumlah posting lantaran mempunyai daya baca (readership) rendah.Banyak faktor yg menentukan daya baca tersebut ; diantaranya adalah : kualitas isi, kebutuhan pembaca (demand), format dan gaya penulisan artikel, publikasi (social media, dll), optimasi di search engine (SEO), dan lain sebagainya.

Ada satu hal yg seringkali luput dari perhatian,namun sebenarnya menyumbang persentase besar dalam hal ketertarikan pembaca.Apa itu? Headline,ya headline, atauuuu... yg biasa kita sebut judul artikel blog.Sedemikian besarkah pengaruhnya? Ya. Ibarat rumah,judul artikel adalah pintu gerbang.Headline atau judul merupakan ringkasan sangat singkat dari apa yg akan diulas di dalam artikel.Pengunjung atau pembaca mengambil keputusan apakah dia akan membaca atau tidak berdasarkan informasi yg dia dapat dari judul artikel tersebut .Banyak sekali artikel berkualitas akhirnya sia-sia ditulis lantaran tidak mempunyai headline yg atraktif.Ini karena penulisnya mengesampingkan perancangan judul artikel/headline yg amat sangat penting.

Di artikel sebelumnya,guest blogger sobat Anas pernah membahas tentang membuat judul artikel yg tidak membosankan. Poinnya adalah anda harus sekreatif mungkin dalam merancang judul artikel.Pada artikel tersebut,ditawarkan metode file swapping yg mudah utk diterapkan.Judul artikel merupakan daya tarik.Sebuah headline yg efektif bisa " menghipnotis "pembaca dengan rasa penasaran tinggi,sehingga dia memutuskan utk membaca artikel yg ditawarkan.

Ya,benar.Pada poin ini,anda harus memahami bahwa segala sesuatu mempunyai efek psikologis.Demikian pula halnya dengan headline.Headline yg membuat penasaran, membujuk,menawarkan sesuatu, memberikan informasi penting,bahkan menimbulkan tanda tanya dan pertentangan bisa jadi merupakan senjata ampuh utk artikel anda.Namun demikian,sebelumnya saya perlu tegaskan bahwa ini bukan berarti anda hanya fokus pada membuat judul atau headline menarik,isi artikel yg berkualitas juga tidak boleh dikesampingkan,sebab anda hanya akan membuat pepesan kosong saja jika diabaikan, dan pada akhirnya hanya menipu pembaca. Bukannya efek bagus yg didapat,bebrapa bisa artikel dan blog anda kemudian ditinggalkan.

Jenis Judul Artikel (Headline) yg Mempengaruhi Keinginan Membaca
Dari berbagai jenis artikel yg saya amati,ada beberapa headline yg mempunyai efek bombastis dalam merangsang keinginan membaca.Jenis atau format headline tersebut saya amati perkembangannya pada beberapa blog saya serta pada artikel-artikel di blog lain.Melalui hasil pencarian Google search,saya lihat beberapa diantaranya memiliki CTR (click throgh rate,rata-rata potensi klik) cukup tinggi.Artinya,menang di halaman pertama Google saja tidak cukup,tapi bagaimana anda merancang headline juga berpengaruh besar. Jenis headline ini juga bisa memberikan ide apa yg akan anda tulis pada artikel-artikel berikutnya.

Berikut adalah 5 dari beberapa jenis judul artikel yg menurut saya menjadi faktor penentu klik serta ketertarikan pembaca :

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/11/membuat-judul-artikel-blog-menarik.html

1. Pro Kontra
Ini merupakan jenis judul artikel serta konten yg mudah dan jelas. Konsepnya adalah pertentangan atau perbandingan.Dalam pelajaran bahasa Inggris (hehehe...), teks di dalam judul ini disebut sebagai discussion text.Buat artikel blog,biasanya digunakan utk membandingkan produk atau layanan,tapi tidak menutup kemungkinan utk hal lain, misalnya baik buruk melakukan suatu aktivitas tertentu.

Ide : Banyak ide yg bisa anda telurkan dari jenis ini,misalnya adalah : kelebihan dan kekurangan, baik dan buruk, keuntungan dan kerugian.Contoh ide penulisan judul yg bisa anda rancang adalah : " Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger ", " Dampak Positif dan Dampak Negatif Facebook ". Anda juga bisa membandingkan atau mempertentangkan dua hal yg sama dan tidak terbatas pada internal satu hal saja,sebagai contoh : " Blogger Vs WordPress : Sebuah Studi Kasus ".

2. Panduan
Sudah bisa ditebak bahwa jenis ini berkaitan dengan panduan,tutorial,cara,atautips. Isi artikel berkenaan dengan bagaimana cara melakukan sesuatu atau langkah-langkah dalam mengatasi suatu masalah (how to).Konsepnya adalah prosedur atau instruksi.Dalam pelajaran bahasa Inggris (haha,lagi-lagi...) teks di dalam judul seperti ini disebut sebagai procedure text. (Ini sekaligus memberikan gambaran bahwa artikel semacam ini juga laris-manis di dunia internet.)

Ide : Contoh ide dalam membuat judul semacam ini misalnya adalah " 10 Tips Ampuh Menghadapi Ujian CPNS ", " Cara Paling Mudah Meraih Peringkat Satu di Google ", " Panduan Lengkap Merawat dan Mengembangkan Blog Secara Profesional ", dan lain sebagainya.

3. Buka Rahasia
Ini sama sekali bukan tentang blog ini loh,haha.Ada banyak headline atau judul artikel yg berkaitan dengan " rahasia-rahasiaan ",karena banyak orang menyukai hal-hal penuh rahasia dan memburu hal-hal tentang pengungkapan rahasia itu sendiri.Oleh karena itu, tidak heran jika artikel-artikel dengan judul demikian mempunyai CTR cukup tinggi,karena bisa menimbulkan rasa penasaran yg tinggi pula.Meskipun pada kenyataannya,yah... banyak yg sebenarnya sudah bukan rahasia lagi,dan bahkan sudah dibahas dimana-mana berulangkali (bahkan sekedar artikel copas).api ya,faktanya " rahasia " memang menjadi kata ajimat.Dalam hal isi artikel dan cara pembahasannya,jenis ini masuk ke dalam kategori explanation text (hehe, bahasa Inggris lagi).

Ide : Judul demikian saya kira bukan hal yg sulit utk dirancang,sebab kata " rahasia " sendiri sudah cukup kuat. Contoh : " Rahasia Bisnis Online : Mendapatkan Rupiah Dengan Cepat! ", " 3 Rahasia Mendapatkan Traffic Ribuan dalam Semalam! ", " Rahasia Meraih Halaman Satu Google Akhirnya Terungkap!".Anda bisa membuat judul-judul yg lebih bombastis lagi,namun perlu diperhatikan bahwa isi artikel harus sepadan dengan judul tersebut sebab jika tidak pembaca akan merasa tertipu karena hanya mendapat pepesan kosong alias bullshit.

4. Humor dan Satir
Jangan salah,anda juga bisa merancang judul artikel yg berbau humor dan bahkan bernada satir (menyindir).Namun,memang judul demikian harus dibuat dengan sangat berhati-hati dan benar-benar disesuaikan dengan target pembaca.Apa alasan dibalik banyaknya judul demikian bisa sukses menarik pembaca? Sebab headline semacam ini bisa membuat pembaca tersenyum simpul dan bahkan mungkin tertawa terbahak-bahak,ada juga yg tersindir.Dalam keadaan seperti ini,sangat besar kemungkinan pembaca merasa terhibur, " agak tersinggung ",lalu penasaran ingin membaca isi artikelnya.

Ide : Syarat utama adalah kreativitas dan selera humor (orang yg biasa serius bakalan kagok, sumpah!).Tapi saya sangat yakin siapapun bisa merancangnya jika mau berlatih. Salah satu ide saya,buat judul artikel yg seolah-olah tidak diharapkan utk dibaca,tetapi kemudian dipertentangkan dengan apa yg bisa membuat pembaca penasaran.Contoh : " Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya,Tapi Anda Akan Tahu Cara utk Kaya! ".Contoh lainnya yg lebih ekstrim, " Pengen Kaya? Jangan Baca Artikel Ini Ya! ".Contoh lain utk judul artikel satir adalah, " 10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Blogging ".

5. Negasi (Penggunaan Kalimat atau Frase berbau Negatif)
Selain menggunakan judul yg terkesan mengundang,menarik perhatian,menjawab permasalahan,atau menentramkan (karena adanya solusi),penggunaan negasi di dalam kalimat atau frase di dalam judul artikel juga bisa menimbulkan tanda tanya besar bagi pembaca yg melihatnya.Dengan demikian,rasa penasaran pasti terlihat.Taktik ini seolah menimbulkan rasa tidak nyaman,rasa takut,atau rasa tidak menyenangkan kepada pembaca,namun kemudian dijawab,diberikan solusi,atau dijelaskan di dalam artikel. Efeknya,pembaca akan merasakan sebuah urgensi tinggi utk segera membaca isinya. Taktik ini harus digunakan dengan sangat hati-hati dan isi artikel benar-benar harus dipersiapkan dengan matang.

Ide : Gunakan judul-judul yg memberikan rasa tidak nyaman, tidak aman,takut,menentang, atau mungkin berbeda dari pernyataan atau kenyataan yg sudah didapat/diyakini oleh pembaca sebelumnya.Sebagai contoh, " Mengapa Tanpa SEO Web Anda Akan Kandas ", " Mengapa Blog Gratisan Tidak Akan Menghasilkan Uang ", " 20 Alasan Kamu Akan Segera Diputusin Pacar ", dan sebagainya.
Baca juga:Cara menjadi orang pintar dalam waktu cepat
Penutup
Yah,memang,jika ditanya : apakah keberhasilannya besar? Tentu jawaban saya klise : relatif.Tergantung dari bagaimana anda mengkreasikan judul-judul artikel anda,dan pada akhirnya pada bagaimana anda membuat artikel secara keseluruhan.Tapi,setidaknya ada beberapa gagasan yg bisa dipikirkan utk memperkaya ruang kreativitas anda dalam membuat artikel,khususnya artikel blog.Satu poin penting juga,adanya beberapa gagasan di atas bukan berarti anda serta merta menggunakan semuanya dalam setiap artikel.Ada kalanya sebuah artikel memang harus mempunyai judul atau headline yg " apa adanya ", dan tidak perlu dirancang terlalu ekstrim,karena bisa jadi malah merusak esensinya.

That's it, and have a nice blogging, folks... as always.... 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates