Minggu, 13 November 2016

Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Utk Meningkatkan trafik

Trafik blog anda sangat ditentukan oleh mutu artikel yg anda buat dan judul dari artikel tersebut,ada 2 alternatif yang bisa anda pilih ketika mengembangkan judul,memilih kata kunci judul dengan jumlah pencarian sedikit atau memilih judul dari kata kunci atau keyword populer yg memang benar-benar mempunyai peminat yg banyak,apapun kata kunci yg anda pilih untuk anda kembangkan menjadi judul artikel maka tentu saja yg paling mempunyai potensi utk mendatangkan banyak trafik ke blog anda adalah memililih kata kunci yg mempunyai tingkat pencarian yg banyak.

Namun sayangnaya kata kunci seperti itu bukanlah kata kunci yg mudah yg bisa begitu saja mendatangkan banyak trafik utk blog anda,karena pada umumnya kata kunci populer yg mempunyai tingkat pencarian yg tinggi biasanya persaingannya cukup sulit sehingga anda harus bisa bersaing dengan blog-blog papan atas yg sudah lebih dulu populer dan mempunyai otoritas yg baik di mata mesin pencari.

Cara meningkatkan trafik bersaing dengan blog papan atas
Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana strategi bersaing dengan blog papan atas ketika anda memilih judul dengan kata kunci populer yg banyak peminatnya,sehingga meskipun judul artikel yg anda buat adalah judul artikel yg sangat sulit persaingannya dan sudah banyak dikuasai oleh blogger papan atas anda masih berpeluang mendapatkan pengunjung yang dapat meningkatkan trafik blog anda dari artikel tersebut .

Strageti Bersaing dengan Blog Papan Atas Utk Meningkatkan trafik
Ketika anda memutuskan menganbil judul artikel yg mempunyai tingkat pencairan tinggi maka kata kunci tersebut biasanya dikuasai oleh blog papan atas yg sudah lebih dulu menerbitkan artikel dengan kata kunci tersebut dan bisa mendominasi hasil pencarian di posisi terbaik, maka agar artikel postingan yg anda buat bisa bersaing ada beberapa teknik atau strategi yg anda gunakan agar bisa mendapatkan trafik dari judul tersebut .

Beberapa strategi bersaing dengan blog papan atas yg bisa anda coba adalah sebagai berikut :

 http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/11/strategi-bersaing-dengan-blog-papan.html


#1. Buat judul dengan Long tail Keyword
Ketika anda mengetahui bahwa kata kunci yg akan anda gunakan utk membuat judul artikel mempunyai level persaingan yg sangat sulit maka buatlah judul artikel tersebut menggunakan long tail keyword.

Bagaimana saya memastikan bahwa judul yg saya buat mempunyai tingkat persaingan yg sulit?

Caranya sederhana,silahkan anda lakukan pencarian menggunkan kata kunci yg anda target,jika di hasil pencarian ditemukan jutaan hasil pencarian dapat dipastikan bahwa kata kunci tersebut mempunyai tingkat persaingan yg sulit.

Sebagai contoh misal utk kata kunci"cara membuat blog,ketika di cek di google keyword planer,kata kunci ini memiliki tingkat pencarian yg sangat luar biasa banyaknya (kata kunci populer),bisa dilihat pada gambar berikut :

kata kunci persaingaan tinggi

Kata kunci tersebut ternyata mempunyai rata-rata jumlah pencarian perbulan sekitar 90. 500 pencarian,tidak heran banyak blog-blog besar menarget kata kunci ini,dan memang benar setelah di cek di hasil pencarian kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yg cukup sulit yaitu sekitar 6.300.000 hasil,seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


Artinya jika menarget kata kunci ini maka anda harus bersaing dengan 6.200.000 artikel lainnya.

Salah satu cara yg bisa anda andalkan buat ikut bersaing dengan kata kunci tersebut adalah menyajikan judul artikel menggunakan long tail keyword,Judul long tail keyword akan bisa membuat artikel anda berpeluang muncul dengan beragam kata kunci yg relevan sehingga artikel anda akan banyak mempunyai peluang utk ditemukan di hasil pencarian dan dapat meningkatkan trafik ke blog anda.

Seperti yg dijelaskan oleh pakar internet marketing neil patel,bagaimana cara mendatangkan 20.000 visitor dalam satu bulan dengan longtail keyword,menyatakan bahwa jika anda konsisten menerbitkan artikel dengan konten panjang dan berkualitas secara konsisten dengan menggunakan judul long tail keyword maka anda akan melihat peningkatan trafik pada blog anda secara significan.

Begitu juga berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh statista bahwa optimasi seo onpage rata-rata berhasil ketika melibatkan long tail keyword utk judul,artinya ketika anda melibatkan optimasi seo onpage,agar optimasi onpage mendapatkan hasil maksimal maka anda bisa melibatkan judul yg menggunakan long tail keyword.

Lantas berapakah jumlah kata utk judul long tail keyword yg paling ideal?,jawabannya adalah 4 sampai 5 kata atau lebih,semakin panjang judul yg anda buat utk artikel blog anda maka akan semakin mudah artikel tersebut mendapatkan ranking di hasil pencarian dengan beragam kata kunci relevan.

Jika anda memilih judul short tail atau judul pendek yg hanya terdiri dari 3 suku kata atau kurang utk kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi,maka judul anda akan sulit bersaing dengan blog papan atas, karena pada umumnya judul-judul artikel yg terdiri dari 3 suku kata atau kurang bisanya sudah dikuasai oleh blog papan atas yg sudah mempunyai reputasi yg sangat baik di mata mesin pencari dan sudah mempunyai umur yg cukup lama.

#2. Untuk Artikel Panjang
Istilah konten adalah raja (content is king) memang benar,dan konten yg panjang yg terdiri dari 1000 sampai dengan 2000 kata atau lebih memang cendrung lebih dominan di mata seach enggine,dan ternyata semakin panjang sebuah konten maka artikel tersebut mempunyai kesempatan terlihat di halaman pertama google lebih baik.

Berdasarkan analisa serp IQ,yg melakukan analisa terhadap 20.000 kata kunci menyatakan bahwa rata-rata artikel yg bisa terlihat di halaman pertama google (page one) adalah artikel yg terdiri dari 2.000 kata atau lebih,semakin banyak jumlah kata dalam konten maka ranking di hasil pencarian pun akan cendrung baik.

jumlah kata dalam artikel
Bisa kita lihat pada gambar grafik diatas,bahwa konten yg terdiri dari 2.000 kata atau lebih mempunyai peluang utk muncul di 10 besar hasil pencarian google,semakin panjang konten paka posisi di hasil pencarian akan semakin baik,namun anda bisa melihat bahwa ranking pertama diduduki oleh artikel yg memiliki jumlah kata lebih sedikit (2416 kata) ketimbang artikel kedua dan ke3 (2494 da 2492 kata),itu menandakan bahwa google juga memperhatikan mutu dari konten itu sendiri,semakin berkualitas sebuah konten dan semakin panjang jumlah kata yg disajikan dalam sebuah konten maka itu akan sangat baik.

#3. Memilih Judul Unik dan menarik
Artikel yg mempunyai peluang yg paling baik utk mendatangkan trafik organik adalah ketika judul artikel tersebut terlihat di 3 besar hasil pencarian google,namun anda harus tau bahwa posisi sepuluh besar semuanya mempunyai kans utk mendatangkan trafik,jika pengunjung merasa tertarik dan penasaran terhadap judul yg anda sajikan.

Di hasil pencarian anda bisa meningkatkan CTR (click throught rate) terhadap artikel anda dengan memanfaatkan judul dan deskripsi yg unik utk artikel anda,karena ketika pengguna internet menemukan judul artikel di hasil pencarian maka mereka pertama kali akan melihat judul artikel blog anda,jika judul mereka anggap menarik dan membuat penasaran maka kemungkinan besar pengguna internet akan mengunjungi artikel anda yg mereka temukan dihasil pencarian,kendati posisi judul artikel anda bukan di 3 besar.

Memang benar belum tentu posisi pertama mendapatkan klik,dan bisa jadi posisi 4 s/d 10 bisa mendapatkan banyak trafik,selama judul artikel yg dibuat utk artikel tersebut dianggap unik,menarik dan membuat pengguna penasaran,oleh karena itu yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel adalah bagaimana membuat judul artikel seunik dan semenarik mungkin agar peluang mendapatkan pengunjung lebih baik walaupun artikel anda bukan hanya di posisi 3 besar.

Langkah-langkah utk membuat judul yg menarik
Jika anda mau anda bisa membaca referensi rincian bagaimana cara membuat judul yg terbaik sehingga meningkatkan klik ketika judul tersebut ditemukan di halaman pertama mesin pencari, namun di sini saya akan memberikan tips yg sederhana saja utk membuat judul yg bisa mendatangkan trafik organik yaitu :

a. Melibatkan angka dalam judul yg anda buat
Misal 12 cara, 13 tips dan lain sebagainya.
Judul yg melibatkan angka seperti halnya ketika mata anda menemukan warna yg kontras yg sangat berbeda dengan warna lainnya, anga juga dapat menunjukan kepastian yg terdapat didalam artikel yg anda bagikan.

b. Menggunakan kata-kata dapat meningkatkan daya tarik,
Misalnya kata-kata seperti dibawah ini :
  • Alasan
  • Cara
  • tips
  • trik
  • rahasia
  • Ide
  • teknik
  • Strategi
  • Fakta
  • Metode

Lihat Juga:Tips Internetan Gratis Untuk Smartphone Android Anda
Jika ke dua teknik membuat judul diatas kita gabungkan maka tentu akan mempunyai daya tarik tersendiri ketika judul tersebut ditemukan di hasil pencarian,

Seperti misalnya judul artikel yg saya buat " 3 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Utk Meningkatkan trafik ", saya sengaja menggabungkan angka dan juga strategi agar judul tersebut lebih menarik.

Bagaimanakah judul yg unik itu?
Anda mungkin sanggup menyajikan judul yg benar-benar unik dan menarik dengan melibatkan angka dan kata-kata yg menarik dan membuat penasaran pembaca, namun jika sasaran anda adalah mesin pencari jangan lupa utk memastikan bahwa judul yg anda buat memang benar-benar berbeda dengan judul artikel lainnya dengan kata kunci relevan.

Bagaimana caranya?

Setelah anda menentukan target kata kunci utk judul artikel yg anda buat pastikan judul tersebut berbeda dengan yg lain dengan langkah-langkah sebagai berukut :

Misal saya menarget kata kunci " Cara meningkatkan trafik blog "

Dari kata kunci tersebut mungkin anda bisa saja membuat judul sebagai berikut :

" Cara meningkatkan trafik pengunjung blog "
" 19 Cara meningkatkan trafik pengunjung blog hingga 400% "
" Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat "
" Cara cepat meningkatkan trafik blog utk pemual "
dan judul lainnya

Jika anda memang tertarik utk menggunakan salah satu judul diatas maka anda harus pastikan bahwa judul diatas memang benar-benar unik.

Misalkan saja utk kata kunci yg anda target " Cara meningkatkan trafik blog " anda membuat judul artikel " Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat " maka anda harus memastikan bahwa judul yg akan anda buat tersebut unik berbeda dengan yg lain.

Caranya sebagai berikut :

Silahkan lakukan pencarian menggunakan mesin pencari google dengan kata kunci yg anda target yaitu " Cara meningkatkan trafik blog ", kemudian amati judul-judul artikel yg terlihat dihasil pencarian halaman pertama, apakah judul " Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat " ada di hasil pencarian, jika anda menemukan judul yang mirip atau identik dengan judul yg anda buat tersebut, maka anda harus merubah judul tersebut dan dengan yg lebih unik beda dengan yg lain, alasanya karena anda judul yg anda buat tidak akan memberikan nilai lebih terhadap pengguna, apalagi artikel anda bukan berada di urutan 3 besar google.

Mungkin anda bisa merubah judul tersebut dengan judul " 3 Rahasia meningkatkan trafik ala blogger profesional " atau judul unik serupa lainnya.

Yang jelas adalah, anda harus bisa mengkombinasikan judul menarik, unik dan membuat penasaran, dengan begitu ketika judul artikel anda ditemukan di page one hasil pencarian maka judul anda akan mempunyai kesempatan baik di klik oleh pengguna.

#4. Jangan lupa untuk melibatkan optimasi seo offage
Optimasi seo offpage mempunyai peranan yg sangat penting utk blog anda agar bisa mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian,salah satu optimasi offpage yg paling berperan dan masih menjadi faktor penentu yg sangat kuat sampai 2016 ini adalah backlink.

Silahkan bangunlah backlink dengan cara-cara yg legal dan lakukan teknik promosi lainnya yg baik, sehingga artikel blog anda bisa mendatangkan pengunjung atau visitor berlimpah yang dapat meningkatkan trafik blog anda.
Baca juga:Pengertian teks eksplanasi dan strukturnya
Kesimpulan
Ketika blog anda masih digolongkan sangat baru, akan ada banyak sekali blog pesaing blog papan atas yg usianya sudah lama, sudah mempunyai otoritas yg baik di mata mesin pencari dan mendominasi di hasil pencarian, maka salah satu strategi utk bersaing dengan blog papan atas agar blog anda dapat mendapatkan trafik dari persaingan kata kunci populer adalah dengan cara memberikan artikel berkualitas, panjang, menggunakan judul long tail keyword dan membuat judul unik, menarik dan membuat penasaran pengguna.

Dengan strategi diatas maka blog anda akan mendapatkan peluang utk ditemukan di hasil pencarian google di posisi terbaik dan sering mendapatkan klik dari pengunjung, dengan begitu trafik blog anda lambat laun akan terus meningkat. 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates