Sabtu, 05 November 2016

Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Trafik Pengunjung/Visitor Blog Turun DrastisAda kalanya blog yg sudah bertrafik tinggi secara tiba-tiba mengalami penyusutan yg sangat signifikan.Hal tersebut dikarenakan sejumlah faktor,beberapa karena volume persaingan meningkat,blog bersangkutan dinilai kurang berkualitas sehingga peringkatnya mengalami penurunan,masuk dalam daftar blog spam,dsb.

Trafik blog pada dasarnya akan mengalami peningkatan dan penurunan.Sepanjang presentasi kenaikan dan penurunanya masih tergolong wajar (tidak terlalu signifikan),maka kondisi tersebut merupakan hal yg wajar dalam blogging.Lalu bagaimana jika Anda mendapati trafik blog Anda turun secara drastis,mari kita bahas penyebab dan cara mengatasinya.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/11/penyebab-pengunjung-blog-turun-drastis.html

Perlu diketahui,tipe pengunjung blog ada dua macam,yaitu pengunjung yg sifatnya musiman,dan pengunjung non-musiman.Pengunjung musiman adalah pengunjung blog yg mengusung tema trending (musiman),dan pengunjung non-musiman adalah pengunjung untuk tipe blog yg mengusung niche long term.Niche trending,diantaranya adalah berita, dan niche untuk jangka panjang diantaranya adalah tutorial atau tips.

Mengacu pada dua jenis pengunjung sebagaiman dijelaskan diatas,maka penurunan trafik blog Anda bisa disebabkan oleh dua hal tersebut.Niche apa yang mewakili blog Anda? Apakah niche trending?Jika blog Anda mengusung niche trending,maka penurunan trafik dalam jumlah yg signifikan adalah hal yg wajar.Disinilah tantangan bagi Anda utk memposting lebih banyak artikel dalam rentang waktu yg singkat apabila Anda memilih niche trending.

Bagaimana jika niche blog Anda tidak mengusung niche trending tetapi mengalami penurunan trafik yg sangat signifikan? Berikut ini beberapa hal yg menyebabkan penurunan pengunjung blog secara drastis beserta cara mengatasinya.

Volume Persaingan Meningkat
Sebagaimana yg saya bahas pada posting rahasia SEO–mengukur trafik blog berdasarkan keyword,SEO dan apapun bentuk dari praktik optimasi blog merujuk pada tingkat persaingan dan kualitas.Meningkatnya persaingan berpotensi utk menggeser posisi blog Anda di SERPs,dan secara teknis kondisi ini akan membuat blog Anda kehilangan trafik dalam jumlah yg signifikan.Cara Cek Artikel Unik atau Copas Menggunakan SmallSeoTools

Posting lebih banyak artikel (artikel berkualitas) secara teratur,perbanyak backlink berkualitas,tingkatkan popularitas blog di social media.

Artikel Tidak Berkualitas
Ukuran kualitas artikel senantiasa dianalisa oleh search engine dengan menjadikan banyak indikator sebagai materi penilaian.Adalah sangat penting untuk memposting artikel memiliki kwalitas guna menjaga peringkat artikel di index hasil pencarian mesin pencari.Hindari memposting artikel yg ditulis secara “asal-asalan” tidak mengalami penurunan peringkat secara drastis.

Periksa semua posting di blog Anda.Update artikel yg tidak memenuhi kriteria artikel berkualitas.Artikel berkualitas tidak hanya diukur dari tingkat akurasi dan manfaatnya terhadap pengunjung,tetapi juga dicirikan dengan tingkat kepadatan kata.Postinglah artikel dengan kandungan kata setidaknya tidak kurang dari 300 kata.Artikel yg Paling Banyak Dicari di Google

Terlalu Sering Mengganti Template
Penggantian template secara berulang-ulang dapat mempengaruhi peringkat suatu blog di SERPs.Template memberi banyak andil selama proses crawling yg dilakukan oleh spider bot search engines,dan penggantian template yg dilakukan secara berlebihan (terlalu sering) cukup memungkinkan terjadinya penurunan peringkat blog bersangkutan.

Sediakan beberapa template yg masuk kriteria template SEO friendly.Lakukan preview terlebih dahulu sebelum Anda menagktifkan template tersebut.Jika salah satu dari template tersebut sudah Anda install,masuk ke Google Webmaster Tools,kemudian pilih menu Fetch As Google.Langkah ini bertujuan untuk memanggil spider bot Google agar merayapi blog Anda pada saat itu juga.

Melakukan Optimasi Secara Berlebihan
Optimasi merupakan sebuah bentuk kegiatan untuk meningkatkan pengunjung blog, namun hal ini justru akan memberikan dampak buruk pada blog Anda apabila dilakukan secara berlebihan. Search Engines menganggap over optimasi sebagai bentuk kegiatan ilegal, dan apabila dilanggar, maka blog Anda akan mengalami penurunan peringkat atau bahkan dihilangkan dari index.

Lakukan optimasi sewajarnya.Bagaimana optimasi yg tergolong wajar itu? Sebut saja Anda dalam fase membangun backlink untuk blog yg baru dibuat, maka Anda tidak diperbolehkan menanam backlink hingga berjumlah ribuan.Optimasi blog harus dilakukan secara terukur agar blog Anda tidak dianggap sebagai blog spam.Tips Agar Tidak Pusing Belajar SEO Blogspot

Frekuensi Posting Artikel
Frekuensi posting artikel ikut mempengaruhi tinggi-rendahnya trafik blog.Meskipun jumlah penurunan trafik yg disebabkan oleh frekuensi posting artikel tidak menyebabkan penurunan trafik secara signifikan,namun menurunnya pengunjung dalam jumlah yg banyak tetap dimungkinkan apabila dalam waktu bersamaan banyak bermunculan blog-blog baru yg mengusung tema yg sama dengan blog Anda.7 Cara Menulis Artikel yg SEO Friendly

Jangan biarkan blog Anda fakum (tanpa artikel baru) dalam rentang waktu yg cukup lama. Memang,salah satu tantangan blogger adalah untuk memposting artikel secara terjadwal. Jadi,luangkan waktu untuk memposting artikel baru secara teratur.

Note :
Dalam kebanyakan kasus,penurunan visitor blog secara drastis lebih banyak disebabkan oleh mutu blog bersangkutan.Blog yg dinilai tidak bermutu lebih mudah mengalami penurunan peringkat,dan resiko terburuknya yaitu masuk Sandbox atau terkena Penalty (bentuk hukuman yang diberikan Google terhadap weblog dengan kualitas buruk).Untuk itu,pastikan Anda selalu fokus memposting artikel berkualitas dan tidak semata-mata hanya memberi prioritas pada sisi kuantitas.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates