Senin, 05 Desember 2016

Cara Efektif Mencari Ide untuk Judul Postingan

Untuk seorang blogger salah satu aktivitas yg penting dan menjadi rutinitas adalah membuat sebuah artikel,artikel yg baik adalah artikel yg mempunyai judul dengan kata kunci yg paling banyak dicari orang,namun semakin banyak artikel yg kita terbitkan, kendala yg sering dihadapi oleh seorang blogger adalah menentukan judul utk artikel berikutnya,kadang utk menentukan sebuah judul saja sulitnya minta ampun, mungkin itu salah satu yang menjadi penyebab kenapa para blogger banyak mempunyai blog dengan niche campuran ketimbang blog dengan niche yg fokus,tujuannya kemungkinan agar mudah utk menentukan judul artikel.jangankan niche yg fokus blog dengan niche campuran sekalipun kadang kita kehabisan ide utk mencari ide judul postingan, biasanya berdampak pada jeda waktu penerbitan postingan menjadi sedikit molor dari biasanya,

Jika anda mengalami hal serupa,sebenarnya banyak alternatif yg bisa kita gunakan utk menemukan dan mendapatkan ide judul postingan,pada artikel kali ini saya akan dijelaskan mengenai tips cara mencari ide utk judul postingan,sebagai berikut :

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/cara-efektif-mencari-ide-untuk-judul.html

1. Sering berkunjung ke bebrapa web forum online
Web forum online adalah salah satu media utk menuangkan ide yg bisa kita menggunakan utk mendapatkan suatu informasi,kuantitas penerbitan artikel utk forum biasanya sangat cepat dan jumlahnya semakin banyak dari waktu-kewaktu,artikel-artikel yg diterbitkan pada forum online selalu dikategorikan dengan berbagai macam kategori yg bisa kita pilih sesuai dengan selera,semakin banyak kategori dan semakin banyak artikel yg diposting pada forum online itu bisa menjadi ladang buat mencari ide utk judul artikel blog yg kita miliki,caranya sangat mudah, kita tinggal memilih kategori yg sesuai dengan niche blog yg kita miliki,kemudian memilih judul-judul artikel forum online yg tersedia yg sekiranya mempunyai relevansi dengan blog kita,dengan membacanya biasanya kita akan dapat inspirasi,tetapi ingat artikel tersebut hanya utk kita jadikan sebagai bahan referensi saja, jangan sekali-kali mengkopi paste isi artikel yg menurut kita baik kemudian kita paste pada artikel yg akan kita buat.

2. Sering berkunjung ke web tanya jawab
Situs tanya jawab sebagai media antar yg mencari jawaban dengan sipemberi solusi, web tanya jawab sangat baik utk kita utk mendapatkan referensi ide judul artikel blog kita, sama halnya dengan forum online,web tanya jawab biasanya dibanjiri dengan berbagai pertanyaan dan jawaban yg bisa kita jadikan referensi,salah satu web tanya jawab terbesar yg bagus utk menemukan ide judul postingan yaitu https :// answers. yahoo. com /,sering-seringlah anda meluangkan waktu ke web tersebut,pilih kategori tanya jawab yg sesuai dengan topik blog kita, anda akan banyak menemukan ide utk judul artikel blog anda disana.

3. Banyak membaca artikel blog atau web yg mempunyai niche yg sama dengan blog yg kita miliki
Ini salah satu alternatif yg sering saya gunakan utk mendapatkan ide postingan,utk menemukan blog yg mempunyai niche yg sama,bisa kita mulai dengan melakukan pencarian melalui mesin pencari dengan salah satu judul artikel yg sudah pernah kita terbitkan,pada daftar hasil pencarian bisa kita masuk ke salah satu blog atau web tersebut,pada web yg kita kunjungi kita bisa membaca dan mencari artikel artikel lainnya yg tersedia,cara yg paling baik adalah melihat popular post milik mereka,popular post bisa menjadi referensi ide postingan utk artikel kita,dan bebrapa postingan pada popular post biasanya mempunyai nilai pencarian yg cukup baik,sehingga kemungkinan judul artikel yg kita terbitkan dengan mengambil judul yg sama atau yg sedikit kita modifikasi, akan mempunyai peluang utk banyak dikunjungi.

4. Membaca komentar blog
Membaca komentar blog sepertinya jangan pernah kita lewatkan,ketika artikel yg kita miliki mendapatkan komentar pengunjung,kita harus jeli coba perhatikan komentar tersebut,apakah mereka bertanya atau hanya sekedar ucapan terimakasih dan ucapan non pertanyaan lainnya,jika komentar mereka merupakan sebuah pertanyaan,lihat dan teliti pertanyaan mereka apakah jawaban utk pertanyaan mereka sudah disajikan dengan artikel yg pernah kita untuk,jika belum dan memang pantas utk dibuat satu judul artikel, utk menjawab pertanyaan tersebut,kita terbitkan artikel yg relevan dengan pertanyaan yg mereka ajukan,ini salah satu cara efektif yg sering saya gunakan utk mendapatkan ide judul postingan.
Untuk kasus ini sepertinya bukan hanya komentar yg ada pada blog kita saja,kita juga, sebisa mungkin harus meluangkan waktu utk membaca komentar-komentar yg terdapat pada blog milik orang lain,bisa jadi komentar-komentar yg terdapat pada blog mereka menginsfirasi kita utk membuat judul postingan yg sesuai dengan apa yg mereka pertanyakan.

5. Sering mereview search query yg terdapat pada google webmaster tools
Apa itu search query?,search query adalah kata kunci yang terdiri dari satu kata atau lebih yg digunakan pengguna internet utk melakukan pencarian,pencarian yg mereka gunakan dengan kata kunci tersebut sesuai dan relevan dengan judul artikel yg kita miliki, sehingga artikel yg kita miliki terlihat pada hasil pencarian google,google bot biasanya akan melaporkan kata kunci tersebut pada google webmaster tools milik kita.meskipun urutan judul artikel kita terlihat pada hasil pencarian tidak selalu urutan halaman pertama,tentu saja mesin pencari yg mereka gunakan adalah mesin mencari google,

Untuk melihat laporan tersebut silahkan Anda masuk ke akun google webmaster tools milik anda, kemudian pilih menu "Search Trafik"kemudian pilih sub menu "Search Queries ", jika anda berhasilsukses anda akan menemukan daftar kata kunci,silahkan anda baca, dan jika terdapat kata kunci yg cocok utk dijadikan judul artikel pada daftar tersebut,itu bisa menjadi salah satu alternatif utk judul artikel kita.
Baca Juga:Resep Bubur Sumsum
Demikian beberapa alternatif yg bisa saya share utk mencari ide judul postingan,semoga bermanfaat.
Share:

Minggu, 04 Desember 2016

Sifat dan Tipe Pengunjung Blog

Tak bisa di sangkal bahwa tujuan utama blogger adalah mendapatkan pengunjung yg banyak.Menurut saya,pengunjung blog itu salah satu bagian terpenting dalam membangun sebuah blog.Semua hasil kerja keras kita bisa dilihat dari seberapa banyak pengunjung blog yg kita dapatkan.Apalah rasanya jika kita mempunyai blog yg berumur dengan artikel yg banyak tapi jika tak memegang pengunjung,saya yakin itu menyakitkan! Hehehe..

Kegiatan intip jumlah pengunjung tiap kali bangun tidur sudah menjadi kebiasaan saya ketika menjadi seorang blogger.Naik turunnya jumlah pengunjung memang tergantung pada selera pengunjung.Jika artikel kita sedang “IN” pasti jumlah pengunjungnya akan ramai dan begitupun sebaliknya.

Tapi ada hal sederhana yg mungkin wajib anda ketahui yaitu Sifat dan Tipe Pengunjung Blog.Bisa jadi,anda adalah salah satu blogger yg beruntung karena mempunyai artikel yg berkualitas sehingga pengunjung bisa merasa nyaman dan mau berlama-lama di artikel yg anda sajikan.
Percaya atau tidak!Bounce Rate Blog yg rendah artinya menandakan bahwa artikel anda memang layak baca,sehingga pengunjung pun akan merasa nyaman dan meningkatkan posisi artikel anda di Search Engine

Namun ada pula pengunjung blog yg dengan sigap menutup artikel anda karena menurutnya tak sesuai dengan apa yg di harapkan.Tentunya hal tersebut bisa berdampak negatif terhadap posisi artikel anda di Search Engine.
Lalu seperti apa sih 5 Sifat dan Tipe Pengunjung Blog dari Admin? Mari simak ulasannya disini!

5 Sifat dan Tipe Pengunjung Blog

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/sifat-dan-tipe-pengunjung-blog.html

1. Pengunjung Blog Yang Selalu Diam
Dari dulu,ada satu hal yg selalu membuat saya bersemangat menjalani dunia blogging!Yaitu komentar pembaca.Dengan berkomentar artinya dia sudah membaca dan mau menyampaikan pertanyaan ata kritiknya kepada saya.
Tapi ada banyak juga pengunjung yg diam seribu bahasa.Setiap kali saya menerbitkan artikel baru,satu jam berikutnya saya bisa menarik hingga 200 pageview dengan tingkat bounce rate yg wajar.Tapi yg kadang membuat hati ini sakit adalah ketika *kalian* tak mau meninggalkan jejak di artikel yg saya buat. Saya juga sadar diri kok,adanya privacy khusus dalam berkomentar disini pasti mempersulit banyak pembaca.Ada beberapa sekali tahap atau aturan jika mau berkomentar disini.Pertama,pastika anda login Google + dan yg kedua anda wajib menunggu moderasi komentar dari saya.Nah mungkin ini juga yg menyebabkan banyak blogger atau pembaca jadi malas berkomentar di blog ini. Tapi utk alasan yg pasti hanya ada di dalam pribadi kalian masing-masing. Apakah kalian malas meninggalkan jejak atau peraturan disini yg terlalu susah? Saya pun masih bingung.

2. Pengunjung Setia
Alhamdulillah,setelah berjuang di dunia blogging selama 8 Bulan,saya bisa bangga karena telah mempunyai pengunjung setia.Pengunjung setia bukan artinya dia adalah orang yg rajin berkomentar di blog ini.Pengunjung setia adalah mereka yg mau menjadi follower blog ini atau hanya sekedar bertanya lewat facebook.Saya juga pun agak bingung dengan mereka ini.Jika ada pertanyaan mereka ini kebanyakan tak mau berkomentar di blog tapi lebih memilih meng-inbox lewat fb.Makanya saya sekarang *agak* sedikit sewot dengan mereka yg tak mau meninggalkan jejak tapi banyak bertanya.Tapi harus saya ketahui bahwa di balik itu semua,mereka adalah pembaca yg memantau perkembangan postingan di blog ini.Yeay…

3. Pengunjung Gawat Berujung Penghinaan
Memasuki Bulan Februari 2016,nama Admin mulai dikenal banyak blogger, khususnya grup facebook.Berbagai komentar menyakitkan hati kadang membuat diri ini terus mengoreksi diri.Tapi makin kesini saya mengetahui satu hal! Saya harus pasang sistem full coment moderation.Alasanya simple kok! Terlalu banyak mengoreksi diri membuat saya lelah dan menyadari hal lainnya! Bahwa orang/pengkritik itu adalah akun cloning yg tak jelas rupanya.Dan makin kesini ia semakin memberikan komentar pedas.Pernah artikel saya typo,lalu ia bilang artikel saya itu gak layak.Lalu ia bilang,kalau saya tukang cari sensasi, blogger karbitan dan hinaan lainnya.Saya pun geram dan menghapus semua komentar yg berhungan dengan akun itu.Makanya sampai sekarang saya tak suka dengan blogger tak beretika.Boleh kok kasih komentar kritis asalkan sopan! Itu aja ok.

4. Pengunjung Pencari Backlink Gratis
Sifat pengunjung ini adalah sifat blogger tak bermoral!Mencari backlink gratis dengan membuat komentar spam yg membabi buta.Anda juga wajib hati-hati jika mendapatkan komentar seperti ini,lebih baik di hapus saja ya..

5. Pengunjung Numpang Lewat
Pengunjung yg ini memang sedikit aneh.Kebanyakan dari mereka bertanya panjang lebar di sebuah artikel,tapi ketika komentar itu di jawab oleh sang admin,banyak diantara mereka yg tak menyadari hal tersebut.Karena pada dasarnya mereka itu pengunjung yg numpang lewat.Pertama membuka artikel lalu membaca artikel lalu bertanya dan akhirnya lupa situsnya!Ya beginilah potret pembaca kita! Bertanya tapi tak memantau jawaban dari sang admin. Mubazir khan jawaban adminya?
 Baca juga:Tentera Myanmar tewas,akibat serangan Taliban
Nah,kalau kamu yg mana nih?
Oke,inilah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan pada postingan 5 sifat dan tipe pengunjung blog.Semoga bisa bermanfaat utk kalian semua, terimaksih.
Share:

Sabtu, 03 Desember 2016

Inilah 7 Niche yg Selalu Ramai Visitor

Sebagai blogger pemula atau blogger yg ingin membuat lagi blog baru,tentu hal pertama yg ditentukan ialah niche atau konten apa yang menjadi unsur dasar dari pembuatan blog atau web tersebut.Terkadang hal penentuan niche blog ini menjadi membingungkan.Begitu banyak bisikan-bisikan halus yg menggorogoti pikiran utk konsisten terhadap satu pilihan niche yg dianggap terbaik.Sehingga terkadang keputusan bulat itu menjadi pecah karena terpengaruh oleh sesuatu dan lain hal.

Misalnya saja pilihan niche utk blog baru yg akan dibuat yaitu tentang bisnis online,ternyata tak sengaja berkunjung ke blog seseorang dengan niche motoGP dan blognya ramai pengunjung setiap saat.Disinilah perang pemikiran terjadi, dilematisasi melanda,keraguan pun tak bisa dicegah.Tidak cukup sampai disitu, ternyata niche di blog lainnya juga mempengaruhi keputusan awal kita. Dan begitu seterusnya,hingga utk membuat blog baru pun tak kunjung terwujud. Waktu terbuang sia-sia hanya utk memilih mana niche terbaik utk blog baru ini.

Sebetulnya inti permasalahannya bukan pada pemilihan mana niche terbaik dan mana yg kurang baik,tetapi tingkat konsistensi kita yg kadang kurang kuat menangkal segala godaan yg ada.Hal ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan kemampuan dan kegemaran kita dalam sesuatu.Kita menjadi tidak percaya diri utk memilih niche tertentu karena tidak sesuai dengan passion di diri kita.Kalau sudah begini,mau tidak mau mempermantab konsistensilah menjadi suatu hal yg mutlak.

Berikut ini saya sajikan beberapa niche atau konten blog sebagai acuan dalam memulai blog baru.Beberapa niche berikut ini diyakini mempunyai visitor dan page views yg sangat mumpuni,juga persaingan yg sangat ketat di mesin pencarian.

Daftar Niche Blog yg Selalu Ramai Pengunjung

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/inilah-7-niche-yg-selalu-ramai-visitor.html

Konten tentang berita daily update
Tidak diragukan lagi,di zaman yg serba digital ini dengan dukungan perkembangan gadget yg kian pesat dan hotspot-hotspot WiFi yg tersebar dimana-mana,seseorang dapat dengan mudah mencari informasi apa saja setiap hari di internet.Baik informasi berupa berita politik,saham,bisnis, perang,olahraga,bahkan kejadian yg baru terjadi.

Konten berita dengan tingkat update setiap hari memang dapat mengundang pengunjung yg banyak dalam sekejap.Namun,konten ini dapat terkikis oleh waktu alias tidak fleksibel.Konten semacam ini biasanya hanya akan sangat ramai 3 hari sampai seminggu saja.Biasanya konten/niche semacam ini dikuasai oleh bebrapa web monopoli.

Konten tentang tutorial blog
Niche atau konten tentang tutorial blog juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di Indonesia saja konten tentang tutorial blog masih menjadi primadona, terutama bagi blogger pemula.Blogger pemula ini tertarik ngeblog karena banyak melihat tutorial-tutorial tentang blog,lalu mengimplementasikan bacaanya tersebut ke blog dan artikel-artikel blognya.

Karena konten tutorial blog ini banyak peminatnya,maka persaingan ketat di mesin pencarian pun tak bisa dihindari.

Konten tentang internet marketing atau bisnis online
Konten jenis ini biasanya lahir dari tangan-tangan pelaku pebisnis online yg sudah melalang buana di dunia pemasaran internet.Mereka-mereka itu dapat dikatakan sebagai professional bisnis online yg kerap berbagi tips tentang internet marketing,informasi bisnis dan lain sebagainya di blog atau web mereka.

Jika anda cukup berpengalaman di dunia bisnis on line,maka hal tersebut akan menjadi pondasi kuat untuk anda dalam membuat atau mengembangkan blog baru dengan niche internet marketing atau bisnis online ini.Biasanya niche ini berbarengan dengan pembicaraan mengenai kisah sukses seseorang.Dengan begitu informasi yg dimuat pun akan sesuai dengan zaman apapun alias fleksibel.

Konten tentang informasi teknologi
Konten tentang teknologi ini meliputi informasi bidang inovasi.Pembaca atau peminat dari niche ini tidak sedikit.Lebih-lebih buat mereka yg melek IT dan buat orang-orang yg gemar mencari sebagian referensi tertentu terkait teknologi.

Utk memulai niche ini,anda dituntut menjadi penulis yg faktual.Dengan menghadirkan berbagai refernsi terkait informasi teknologi yg anda tulis. Walaupun begitu,bukan artinya anda tidak bisa berspekulasi atau mengungkapkan opini.

Konten tentang harga dan spesifikasi gadget
Konten jenis ini cukup banyak pengunjung setiap harinya.Baik pengunjung yang menggunakan laptop atau komputer,lebih-lebih yg menggunakan smartphone dan tablet.Salah satu konten buruan para pemain/publisher Google Adsense ialah kotent tentang harga dan spesifikasi gadget. Baik itu harga dan spesifikasi laptop,komputer/PC,handphone,handphone,tablet dan lainnya.Boleh dikatakan bahwa konten ini menjadi lahan empuk bagi publisher Adsense khususnya di Indonesia dalam menggarap dollar di internet.

Hal ini dikatakan demikian karena utk jenis konten iklan dari Indonesia biasanya lebih banyak tentang toko online.Jika anda seorang publisher Adsense dan dapat memaksimalkan optimasi blog anda dengan koten ini,maka siap-siap menerima gaji yg telak dari Adsense.

Konten tentang kesehatan
Salah satu kelompok setia pembaca konten jenis kesehatan ini ialah siswa atau mahasiswa kedokteran atau kesehatan.Konten kesehatan yg biasa dicari biasanya berkaitan tentang cara menurunkan berat badan atau cara diet yg benar,dan kebutuhan kesehatan lainnya.

Konten tentang informasi unik dan aneh
Niche utk blog yg selalu ramai pengunjung berikutnya ialah niche tentang informasi unik,menarik dan aneh.Yaitu berupa informasi-inrofmasi keajaiban, hal yg menggemparkan yg terjadi di belahan dunia tertentu.
Baca Juga:Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis Dan Cara Mengatasinya
Untuk mengoptimasi konten ini agar banyak pengunjung ialah dibagikan ke sosial-sosial media berupa Facebook,Twitter,Google plus dan lainnya,sebagai langkah strategi internet marketing.Konten jenis ini lebih beragam,sehingga membuat pembaca bisa lebih bertahan lama utk menjelajahi blog.

Share:

Jumat, 02 Desember 2016

Apakah Bisa Mendaftarkan Kembali Blog yg Sudah Diterima Google Adsense?

Pertanyaan ini banyak ditemui pada bebrapa forum online yg khusus membicarakan persoalan Google Adsense.Pertanyaan terkait apakah kita dapat mendaftarkan kembali blog atau web yg sudah diterima oleh Google Adsense ini sebetulnya sudah sering ditanyakan sejak lama.Meski demikian,masih banyak juga yg belum mengetahui atau hanya penasaran atau juga sering kepikiran utk melakukan seperti yg ditanyakan tersebut .

Nah,utk membuktikan hal tersebut tentu saja kita membutuhkan sebuah percobaan sekadar memastikan bisa dan tidaknya mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima Google Adsense.Meski ini bukan langsung dari pengalaman saya,setidaknya dari bebrapa forum yg telah saya temui,ternyata ada beberapa orang yg udah mencoba melakukannya dan diterima sebagai publisher GA utk kedua kalinya bahkan berkali-kali mendaftarkan Google Adsense pada blog/web yg sama dan diterima pula.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/apakah-bisa-mendaftarkan-kembali-blog.html

Dengan demikian,dari pengalaman yg telah dibagikan tersebut, maka peluang utk memperbanyak akun GA dari satu blog saja sungguh sangat terbuka. Artinya,blog atau web yg sudah di approve oleh Google Adsense,dapat didaftarkan kembali utk mendapatkan akun kedua,ketiga dan seterusnya.

Lalu bagaimana caranya melakukan hal tersebut?
Utk mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima oleh Google Adsense maka anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini,baik sebelum mendaftarkan kembali dan langkah selanjutnya yang harus dilakukan pada masa review hingga di approve 100%.

Lepas semua kode iklan pada blog yg sudah diterima,baik iklan Adsense (wajib) dan iklan lainnya (opsional).
Hapus blog/web yg menampilkan iklan melalui akun Google Adsense.
Setelah melakukan 2 langkah di atas,tunggulah selama 48 jam kemudian sebelum didaftarkan kembali ke Google Adsense utk kedua kalinya.
Daftarkan blog melalui google.com/adsense.
Daftarkan blog dengan email,nama pemilik,alamat dan data lainnya dengan yg baru atau berbeda dari akun yg sudah di approve.
Masuk pada masa review,pastikan anda mengupdate artikel blog secara berkala dan teratur, 2 hingga 5 artikel setiap hari.
Bagikan artikel ke sosial media dengan sewajarnya (opsional).
Baca JUga:Persebaran fauna dunia
Demikian informasi tentang mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima Google Adsense.Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda, terutama yg “make money online from blog” dengan Google Adsense. 
Share:

Kamis, 01 Desember 2016

Istilah-istilah dalam Google Adsense yg Perlu Anda Ketahui

Kita tahu Google Adsense merupakan media periklanan yg cukup menjanjikan saat ini.Banyak blogger yg sering mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya dalam sebulan.Namun,tentu penghasilan sebesar itu tidak didapatkan dengan hanya segampang mebalikkan telapak tangan.Begitu banyak proses yang harus dikerjakan utk hasil yg sedemikian rupa.Seakan usaha berbanding lurus dengan hasil pendapatan yg di peroleh.

Untuk blogger yg masih belum berhasil diterima oleh Google Adsense menjadi mitranya.Teruslah berusaha,teruslah mengoptimasi blog sebaik mungkin.Sikap putus asa bukanlah solusi agar diterima oleh Google Adsense.

Pada artikel ini saya tidak membahas bagaimana proses registrasi agar diterima oleh Google Adsense lebih jauh,melainkan berbagi sedikit informasi mengenail bebrapa istilah yg digunakan dalam Google Adsense.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/istilah-istilah-dalam-google-adsense-yg.html

Mengenal bebrapa makna dalam Google Adsense
Mungkin anda sering mendengar istilah tentang CPC,CPM,CTR,RPM dan lain sebagainya.Namun,apakah anda mengetahui apa maksud dari istilah tersebut?. Berikut ini secuil informasi dari bebrapa istilah tersebut yg bisa saya bagikan kali ini.

CPC : Cost per Click
Artinya ialah Biaya Per Klik.Istilah ini digunakan utk menghitung biaya iklan per-kliknya.Pada dasarnya biaya klik setiap iklan yg terlihat di blog atau web ditentukan oleh pengiklan.Nilai CPC antara iklan dengan iklan lainnya adalah berbeda-beda.Setiap unit iklan yg terlihat di blog berbeda-beda antara satu dan lainnya bergantung dari kata kunci tertentu.Nilai CPC periklan hanya diketahui oleh pengiklan dan pihak Google Adsense saja.Publisher tidak diberitahukan tentang hal tersebut.

CPM : Cost per Mille
Kalau dalam istilah di Indonesia singkatan tersebut dikenal dengan istilah BPS artinya biaya per seribu.Artinya,penayang iklan atau publisher akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu impresi halaman blog. CPM merupakan bayaran tersendiri diluar CTR (CTR akan dijelaskan berikutnya) yg terjadi pada blog.

CTR : Click Through Rate
CTR digunakan utk menghitung jumlah klik yg terjadi kemudian dibagi dengan jumlah tayang iklan di blog.Contohnya,jika iklan dalam suatu blog mendapatkan tayangan sebanyak 2000 kali dan mendapatkan klik iklan sebanyak 10 kali, maka penghitungan CTR ialah 10/2000 = 0.005.Karena perhitungan di akun Adsense dalam bentuk persen,maka hasilnya ialah 0. 5%.

RPM : Revenue Per Thoushand Impression
RPM digunakan utk menghitung pendapatan rata-rata yg bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi.Dalam pembayaran RPM ini,ada beberapa faktor yg sangat mempengaruhi nilai kecil dan besar bayarannya.Faktor yg mempengaruhinya ialah jenis konten blog terhadap relevansinya dengan tayangan iklan,dna letak wilayah.RPM digolongkan menjadi tiga bagian,yaitu RPM kueri,RPM halaman, dan RPM permintaan iklan.Berikut penjelasannya.

1) RPM Kueri
Hitungan RPM kueri ialah pembagian antara penghasilan tertaksir dnegan julah kueri yg terlapor kemudian dikalikan 1000.
Rumus : (Penghasilan tertaksir/Jumlah kueri) x 1000 = nilai RPM kueri dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Kueri tertaksi $50 dari 10. 000 kueri.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM kueri ialah :
($50/15. 000) x 1000 = $5. 00.

2) RPM Halaman
Hampir sama dengan perhitungan RPM kueri di atas,hanya saja perhitungan RPM halaman lebih kecil dari RPM Kueri.Perhitungan pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) ialah dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000.
Rumus :(Penghasilan tertaksir/Jumlah halaman terlihat) x 1000 = nilai RPM halaman dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Penghasilan tertaksir ialah $0. 06 dengan 50 tayangan halaman.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM halaman ialah :
($0. 06/50) x 1000 = $1. 2.

3. RPM Permintaan Iklan
Sama halnya dengan penghitungan nilai RPM yang lainnya,pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000. Contohnya dapat menyesuaikan seperti di atas.

Perlu diketahui, terkait dengan nilai RPM,semuanya diberitahukan dalam bentuk nilai tertaksir, termasuk hasil akhirnya setiap hari.Namun,tentu saja hasil yang diberikan belumlah final.Sebab,banyak juga syarat-syarat yang harus terpenuhi utk mendukung kevalidan dari setiap klik yg terjadi pada setiap iklan.

Jadi,kita hanya benar-benar berharap dan sepenuhnya percaya dengan apa yg telah ditentukan oleh Google Adsense.Pastinya pihak Adsense tidak ingin membuat rugi antara pengiklan dan penayang iklan/publisher,lebih-lebih dalam menjaga kerugian pada pengiklan.
Baca Juga:Tips Internetan Gratis Untuk Smartphone Android Anda
Demikian informasi kali ini tentang bebrapa istilah dalam Google Adsense. Meskipun tidak selengkap-lengkapnya,setidaknya sedikit gambaran yg telah diuraikan di atas dapat membantu anda dalam menjalankan Google Adsense.
Share:

Blogger templates