Kamis, 01 Desember 2016

Istilah-istilah dalam Google Adsense yg Perlu Anda Ketahui

Kita tahu Google Adsense merupakan media periklanan yg cukup menjanjikan saat ini.Banyak blogger yg sering mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya dalam sebulan.Namun,tentu penghasilan sebesar itu tidak didapatkan dengan hanya segampang mebalikkan telapak tangan.Begitu banyak proses yang harus dikerjakan utk hasil yg sedemikian rupa.Seakan usaha berbanding lurus dengan hasil pendapatan yg di peroleh.

Untuk blogger yg masih belum berhasil diterima oleh Google Adsense menjadi mitranya.Teruslah berusaha,teruslah mengoptimasi blog sebaik mungkin.Sikap putus asa bukanlah solusi agar diterima oleh Google Adsense.

Pada artikel ini saya tidak membahas bagaimana proses registrasi agar diterima oleh Google Adsense lebih jauh,melainkan berbagi sedikit informasi mengenail bebrapa istilah yg digunakan dalam Google Adsense.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/istilah-istilah-dalam-google-adsense-yg.html

Mengenal bebrapa makna dalam Google Adsense
Mungkin anda sering mendengar istilah tentang CPC,CPM,CTR,RPM dan lain sebagainya.Namun,apakah anda mengetahui apa maksud dari istilah tersebut?. Berikut ini secuil informasi dari bebrapa istilah tersebut yg bisa saya bagikan kali ini.

CPC : Cost per Click
Artinya ialah Biaya Per Klik.Istilah ini digunakan utk menghitung biaya iklan per-kliknya.Pada dasarnya biaya klik setiap iklan yg terlihat di blog atau web ditentukan oleh pengiklan.Nilai CPC antara iklan dengan iklan lainnya adalah berbeda-beda.Setiap unit iklan yg terlihat di blog berbeda-beda antara satu dan lainnya bergantung dari kata kunci tertentu.Nilai CPC periklan hanya diketahui oleh pengiklan dan pihak Google Adsense saja.Publisher tidak diberitahukan tentang hal tersebut.

CPM : Cost per Mille
Kalau dalam istilah di Indonesia singkatan tersebut dikenal dengan istilah BPS artinya biaya per seribu.Artinya,penayang iklan atau publisher akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu impresi halaman blog. CPM merupakan bayaran tersendiri diluar CTR (CTR akan dijelaskan berikutnya) yg terjadi pada blog.

CTR : Click Through Rate
CTR digunakan utk menghitung jumlah klik yg terjadi kemudian dibagi dengan jumlah tayang iklan di blog.Contohnya,jika iklan dalam suatu blog mendapatkan tayangan sebanyak 2000 kali dan mendapatkan klik iklan sebanyak 10 kali, maka penghitungan CTR ialah 10/2000 = 0.005.Karena perhitungan di akun Adsense dalam bentuk persen,maka hasilnya ialah 0. 5%.

RPM : Revenue Per Thoushand Impression
RPM digunakan utk menghitung pendapatan rata-rata yg bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi.Dalam pembayaran RPM ini,ada beberapa faktor yg sangat mempengaruhi nilai kecil dan besar bayarannya.Faktor yg mempengaruhinya ialah jenis konten blog terhadap relevansinya dengan tayangan iklan,dna letak wilayah.RPM digolongkan menjadi tiga bagian,yaitu RPM kueri,RPM halaman, dan RPM permintaan iklan.Berikut penjelasannya.

1) RPM Kueri
Hitungan RPM kueri ialah pembagian antara penghasilan tertaksir dnegan julah kueri yg terlapor kemudian dikalikan 1000.
Rumus : (Penghasilan tertaksir/Jumlah kueri) x 1000 = nilai RPM kueri dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Kueri tertaksi $50 dari 10. 000 kueri.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM kueri ialah :
($50/15. 000) x 1000 = $5. 00.

2) RPM Halaman
Hampir sama dengan perhitungan RPM kueri di atas,hanya saja perhitungan RPM halaman lebih kecil dari RPM Kueri.Perhitungan pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) ialah dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000.
Rumus :(Penghasilan tertaksir/Jumlah halaman terlihat) x 1000 = nilai RPM halaman dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Penghasilan tertaksir ialah $0. 06 dengan 50 tayangan halaman.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM halaman ialah :
($0. 06/50) x 1000 = $1. 2.

3. RPM Permintaan Iklan
Sama halnya dengan penghitungan nilai RPM yang lainnya,pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000. Contohnya dapat menyesuaikan seperti di atas.

Perlu diketahui, terkait dengan nilai RPM,semuanya diberitahukan dalam bentuk nilai tertaksir, termasuk hasil akhirnya setiap hari.Namun,tentu saja hasil yang diberikan belumlah final.Sebab,banyak juga syarat-syarat yang harus terpenuhi utk mendukung kevalidan dari setiap klik yg terjadi pada setiap iklan.

Jadi,kita hanya benar-benar berharap dan sepenuhnya percaya dengan apa yg telah ditentukan oleh Google Adsense.Pastinya pihak Adsense tidak ingin membuat rugi antara pengiklan dan penayang iklan/publisher,lebih-lebih dalam menjaga kerugian pada pengiklan.
Baca Juga:Tips Internetan Gratis Untuk Smartphone Android Anda
Demikian informasi kali ini tentang bebrapa istilah dalam Google Adsense. Meskipun tidak selengkap-lengkapnya,setidaknya sedikit gambaran yg telah diuraikan di atas dapat membantu anda dalam menjalankan Google Adsense.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates