Rabu, 12 Oktober 2016

Pengertian sistem operasi windows

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yg paling banyak di gunakan di dalam komputer desktop maupun laptop. Sistem operasi ini di bikin oleh Microsoft. Kita tentu sangat familier dengan macam macam sistem operasi window seperti Window Vista. Window 7. Window 8 dan window 10 yg berasal dari nenek moyang mereka yaitu MS-DOS.
Pengertian sistem operasi windows

Sistem operasi Windows adalah keluarga sistem operasi.yg dikembangkan oleh Microsoft,dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.yg sekarang sudah mencapai generasi ke 10.yaitu windows 10 yg tampak modern dan elegan.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yg berbasis modus teks dan command-line.Windows versi pertama,Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yg dibuat utk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan bukan merupakan sistem operasi yg berjalan di atas MS-DOS dan beberapa varian dari MS-DOS, sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2. x, versi 3. x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows dimulai dari versi 4. 0 dan Windows NT 3. 1 merupakan sistem operasi mandiri yg tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/10/pengertian-sistem-operasi-windows.html

Sejarah Sistim operasi Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yg menggunakan GUI,Microsoft menciptakan Windows 1. 0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yg menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows.Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yg bisa diinstal program. Satu-satunya program yg bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1.

Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yg lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi.Windows versi 3. 1 adalah versi Windows yg bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3. 11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu.

Windows 3. 11 pun adalah versi Windows pertama yg mendukung networking/jaringan.Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS.Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu.

Aplikasinya pun berbeda.Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit,namun Windows 9X mempunyai grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death). wikipedia

Utk lebih mengenal sistem operasi windows di sini saya akan membahas sistem operasi windows yg terbaru yaitu windows 10.Banyak sekali fitur fitur baru dan canggih yg di kembangkan utk peluncuran windows 10.


Sistem operasi Windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yg dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 dirilis ke publik.

Windows 10 bertujuan utk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yg dirancang utk meningkatkan pengalaman pengguna utk perangkat yg tidak ada layar sentuh seperti komputer meja dan laptop, termasuk kebangkitan menu Mulai yg terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan utk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop ketimbang modus layar penuh.

Sistem operasi Windows 10 tersedia dalam empat edisi utama utk komputer meja, laptop, dan tablet ;

1. Windows 10 Home ditujukan utk perangkat PC biasa dan memberikan fitur tingkat-konsumen.

2. Windows 10 Pro menambahkan fitur tambahan yg ditujukan utk pengguna mahir dan lingkungan bisnis skala kecil dan menengah

3. Windows 10 Enterprise berisi fitur tambahan yg ditujukan terhadap lingkungan bisnis skala menengah dan besar. Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga pengguna dapat menolak update yg ditawarkan oleh Microsoft

4. Windows 10 Education merupakan versi yg mirip dengan Enterprise yg akan didistribusikan ke sekolah, kampus, dan universitas melalui program lisensi akademi Microsoft Tiga edisi Windows 10 juga akan tersedia utk perangkat bergerak dan benam.
Baca juga:ISIS, Jabhat Nusra dan Organisasi Teror Lainnya Harus Dihapus dari Suriah
Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini tentang pengertian program operasi windows dan sejarahnya.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates