Kamis, 27 Oktober 2016

Blogger Sudah Jadi Profesi Menjanjikan di Indonesia

Majunya teknologi,membawa banyak perubahan besar dikehidupan sosial masyarakat kita. Teknologi pula yg melahirkan berbagai profesi baru dengan hasil yg fantastis.Padahal di tahun 90-an tak seorang pun memikirkannya.

Sebut saja jadi gamers.Hobi yg satu ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata,apalagi hanya menghabiskan waktu.Gamers sudah menjadi satu pekerjaan yg menjanjikan.Bisa bermain dan menghasilkan uang sekaligus.

Mungkin banyak yg bertanya,bagaimana seorang gamers menghasilkan uang.Bukan karena ia memenangkan satu pertandingan,tapi dengan mengulas game yg ia mainkan lalu membagikannya ke dunia maya. Bisa dalam bentuk tulisan atau video.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/10/blogger-sudah-jadi-profesi-menjanjikan.html

Atau jadi buzzer di sosial media.Jika Anda populer dan mempunyai banyak followers, maka profesi yg satu ini cukup menggiurkan.Bahkan pernah ada kejadian,seorang buzzer dibayar miliaran rupiah hanya utk mempromosikan tempat wisata suatu negara.

Pilihan-pilihan profesi ini semakin beragam.Orang-orang sudah tidak tabu mengutarakan niatnya menjadi sesuatu yg belum diketahui masyarakat.Itu karena teknologi dipakai dengan baik,bukan sebaliknya.

Salah satu yang menjadi perhatian besar masyarakat Indonesia saat ini adalah menjadi blogger.Saya masih ingat ketika pertama kali menyebut kata blogger di tahun 2005,masih banyak masyarakat belum paham apa yg saya maksudkan.Namun,lambat laun profesi ini menjadi tak ternilai harganya.

Dahulu,menjadi blogger hanya mengutamakan tulisan dan foto.Beberapa tahun belakangan,muncul makna baru,vlogger (video blogger).Jika blogging menjadi istilah blogger,maka vlogging saat ini menjadi tren di anak muda.

Hadirnya berbagai video blogger di Indonesia membuka mata masyarakat bahwa ada profesi baru yg menjanjikan.Seorang vlogger kadang berpenghasilan puluhan juta dalam 1 bulan,hanya dari membagikan videonya di Youtube.

Meski profesi ini telah banyak dilakoni dan tidak sedikit yg kemudian jadi sangat terkenal, saya tidak menyarankan utk segera jadi bloggger atau vlogger dan meninggalkan pekerjaan utama Anda.

Saya sendiri,harus menjalankan dua profesi sekaligus dalam waktu bersamaan selama kurang lebih dua tahun,baru yakin utk menjadi full time blogger.

Mengapa Blogger Jadi Profesi yg Menjanjikan?

Saya pernah menulis sekilas perjalanan Arianna Huffington yg menciptakan The Huffington Post (http :// www. huffingtonpost. com /) pada tahun 2005 silam. The Huffington Post mungkin tak akan sebesar sekarang, jika Arianna tidak menjadi blogger.

Arianna mempunyai kemampuan menulis yg baik dan itulah yg seharusnya dimiliki seorang blogger.Hampir semua blogger yg besar,mempunyai kemampuan dasar ini.Begitu juga dengan vlogger,mereka mempunyai keahlian membuat dan mengedit video.

Jika diterlusuri kebelakang,blogger-blogger yg populer tidak lahir dari hasil copy paste. Mereka hadir karena menyajikan sesuatu yg berharga dan beda dengan blogger lainnya. Contoh nyatanya di Indonesia adalah Raditya Dika.

Radit kemudian menjelma menjadi penulis buku dari karya-karyanya di blog.Karirnya terus menanjak menjadi artis dan komedian,karena konsisten mengambil segmen remaja dan komedi.

Ada banyak lagi contoh blogger yg sukses karena konsistensi.Sayangnya di Indonesia, banyak orang yg mau jadi blogger karena ikut-ikutan,alhasil tidak menjadi apa-apa. Bahkan konten yg dihasilkan sebagian besar hasil copy paste.

Jika hal itu terus dipelihara,jangan bermimpi akan jadi blogger populer atau berpenghasilan besar.Karena belum ada sejarahnya,pencuri menjadi dewa.Cobalah menggali sisi kreativitas dirimu dan membagikannya secara jujur.

Utk memudahkan,berikut 5 hal yang harus diperhatian jika memilih jadi blogger :

1. Sesuaikan dengan Hobi
Ada idiom yg mengatakan,hobi bisa menjadi uang.Itu benar adanya.Menjadi blogger tidak akan mudah jika tidak sesuai hasrat dan minat. Buatlah konten atau video dari sesuatu yg Anda kuasai.

Misalnya,suka dengan otomotif.Buatlah beberapa ulasan tentang otomotif dengan jujur. Atau mengulas kendaraan yg sedang Anda gunakan.Minat ini bisa terus dikembangkan dengan menggali hal-hal spesifik diotomotif.

2. Konsistensi
Belum pernah saya menemukan blogger besar yg hanya membuat konten 1 tahun sekali. Blogger yg baik harusnya konsisten dan menyisahkan waktu utk mengelola blog atau vlog.

Berkumpul bersama dan berinteraksi sesama blogger juga penting.Dari sini kita bisa mengumpulkan informasi,melakukan riset dan sebagainya.

Buatlah karya 1 atau 2 setiap minggu.Itu utk mempertahankan kredibilitas dan reputasi dimata pembaca.Imbasnya follower atau subscribes akan meningkat dengan pasti.

3. Percaya Diri
Menjadi penulis blog,artinya Anda siap mendapatkan tanggapan dari pembaca.Biarkan orang lain tahu apa yg Anda pikirkan,lalu terima kenyataan jika beberapa orang tak sepaham.

Percaya diri akan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis,membagikan bebrapa foto dan video.Yakinlah pada apa yg Anda bagikan menjadi baik bagi orang lain.Serta jaga hubungan silaturahmi dengan netizen.

4. Bijak
Seperti yg saya katakan di atas,kita harus menerima kenyataan jika ada yg tak sepaham. Interaksi dua arah yg terjadi di dunia blogger memungkinkan orang-orang meninggalkan komentar.

Jadilah orang yg bijak menanggapi komentar-komentar tersebut.Berikan penghargaan dengan ucapan terima kasih jika komentarnya membangun,dan jangan terbawa emosi jika komentar negatif.

Jadikan komentar negatif itu sebagai introspeksi,apakah komentar negatif itu ada benarnya atau hanya usil belaka.Bila hanya bersifat usil,tak usah dihiraukan.

5. Membawa Pengaruh yg Baik
Ada banyak blogger atau vlogger saat ini hadir terlalu jujur.Hal tersebut memang baik, tapi kadang kala kejujuran yang diberikan bukan hal positif.Padahal,persona internet seseorang di era serba cepat ini dengan mudah dipengaruhi.

Maka selayaknya bagi seorang blogger atau vlogger membuat karya yg membawa pengaruh baik untuk orang lain.Tulis atau sebarkanlah hal-hal yg menarik dan positif.

Jika lima hal diatas terus Anda kembangkan,jangan heran jika suatu saat Anda menjadi blogger hebat yg mempunyai daya tawar tinggi.Saat ini,sudah banyak perusahaan besar yg mencari orang-orang dengan bakat tertentu dan menelusurinya melalui blog.
Baca Juga:contoh-contoh pidato
Bahkan media online saat ini banyak yg mengalami krisis kepercayaan diri, karena hanya menyajikan informasi sesaat. Blogger malah lebih disenangi, karena mengulasnya lebih jauh. Itulah mengapa profesi ini cukup menjanjikan jika ditekuni dengan baik.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates