Selasa, 25 Oktober 2016

Jenis Artikel Yg Paling Dicari di Internet

Bergelut dengan dunia blog artinya menjalani dalam seni tulis menulis.Tapi tidak semua seniman mempunyai karya bernilai tinggi,begitu juga seorang blogger.Tidak semua blog ramai dikunjungi orang-orang.Ada yg setiap hari hanya dikunjungi 100 orang,ada pula yg hingga jutaan.Naas,bagi blogger yg dikunjungi oleh satu orang saja,yaitu dirinya sendiri.

Blogooblok pernah pada jenis naas itu. Hanya dikunjungi oleh saya sendiri.Itu diawal-awal blog ini dibuat.Lama kelamaan akhirnya ada juga yg nyasar,satu,dua hingga ribuan orang nyasar ke tempat ini setiap hari.Tapi apakah itu artinya Blogooblok sudah dikategorikan blog yg ramai pengunjung.Jawabannya,belum,tapi udah patut disyukuri.

Seorang teman dalam satu sesi chat di Facebook bertanya,apa saja yg orang-orang Indonesia cari di internet dan utk sebuah blog,jenis artikel apa yg paling ideal? Pertanyaan pertamanya sudah pernah saya jawab dalam sebuah tulisan,pertanyaan keduanya akan kita bahas di postingan ini.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/10/jenis-artikel-yg-paling-dicari-di.html

1. What This?
Jenis yg pertama saya beri nama artikel what this?atau apa ini?.Jenis artikel ini pemburunya sangat banyak,tidak salah kalau Wikipedia selalu menjadi nomor satu kalau urusan artikel what this ini.Dari dulu saya bertanya, mengapa Wikipedia selalu populer di halaman satu pencarian Google,ternyaka,itu karena Wikipedia memberikan penjelasan tentang sesuatu.

Banyak orang menanyakan ke Google akan penjelasan sesuatu hal yg tidak diketahuinya. Misalnya bagi seorang blogger pemula,dihadapkan pada satu penjelasan HTML,yakin dan percaya saja,dia akan menanyakan pengertian HTML ke Google.Disitulah akan muncul banyak artikel tentang pengertian HTML.

2. How to...
Tidak kalah populernya dengan jenis artikel What This,artikel how to atau bagaimana cara melakukan sesuatu juga diburu banyak pembaca.Ketika seseorang telah mengerti penjelasan soal HTML misalnya,pasti langkan selanjutnya yg akan dilakukan oleh si pencari informasi tersebut adalah bagaimana cara menguasai HTML.

Seorang penulis yg baik dengan senang hati akan memberikan penjelasan kepada orang lain tentang sesuatu yg tidak diketahuinya.Salah satu tips agar menguasai tulisan jenis ini yakni dengan mencobanya secara langsung,lalu menceritakan kepada pembaca blog agar kesannya tidak diada-ada.

3. Tips and trick
Jenis artikel selanjutnya yg tidak kalah populernya di internet adalah tips and trick.Tidak heran,ada satu website di Amerika yg konsen mengisi kontennya dengan tips and trick dalam berbagai topik.Ini karena,jumlah pencari artikel semacam ini sangat banyak dan akan terus bertambah.

Orang-orang mempunyai kelemahan mencari jalan pintas atau cara tercepat melakukan sesuatu.Misalnya belajar HTML,pasti akan ada orang yg mencari artikel di Google tips agar cepat menguasai HTML atau trick agar HTML yg dipelajari bisa berjalan dengan baik.

4. Bucket List
Pernah menonton film Bucket List yg dibintangi oleh Morgan Freeman? Kalau pernah maka kita sama (hehe).Jenis artikel yg paling banyak dicari oleh pembaca di internet adalah artikel bucket list atau daftar.Salah satu contohnya adalah tulisan ini yg menjelaskan 10 tipe artikel yg paling dicari di internet.

Artikel bucket list memang gampang-gampang susah (lebih banyak gampangnya ketimbang susahnya).Salah satu tips agar bisa menang bersaing dengan jenis artikel ini adalah memberikan daftar yg lebih banyak dari pesaing.Misal orang lain menulis 5 tips agar menguasai HTML dengan cepat,Anda tulis 10 tips agar menguasai HTML dengan cepat.

5. Facts and Myths
Jenis yg ke-5 adalah artikel facts and myths atau fakta dan mitos.Jenis tulisan ini juga sangat banyak digemari oleh orang-orang.Hal-hal seputar fakta atau mitos disekitar kita bisa menjadi bacaan yg menggairahkan.Misalnya Anda menulis mitos perempuan yg belajar HTML akan jadi perawan tua.Hal ini akan menjadi bacaan yg diburu oleh orang-orang, perempuan.

Dalam kondisi yg sama,Anda juga bisa menulis tentang fakta bahwa ada banyak perempuan cantik di dunia yg jadi programer karena menguasai HTML.

6. Odd
Jenis artikel yg keenam adalah artikel odd atau ganjil,aneh,asing,ekstra,sambilan atau lebih banyak.Jenis ini memang artikel yg tidak biasa utamanya bagi tatanan sosial kita. Orang-orang akan dengan senang hati meluangkan waktunya utk membaca satu artikel yg dirasanya ganjil.

Misalnya,seorang blogger yg tidak mengerti HTML dijadikan programer di Google.Tulisan-tulisan yg ketika melihat judul saja,sudah bisa membuat dahi seseorang mengkerut adalah jenis artikel yg akan dibaca oleh orang.Terlepas apakah isinya baik atau jelek.

7. Free
Kata free di Google bernilai 8 miliar lebih halaman pencarian,sedangkan kata gratis 1 miliar lebih.Itu artinya,banyak peselancar di dunia maya yg mencari gratisan.maka dari itu,artikel yg tidak kalah populernya di internet adalah artikel gratis atau free.

Bukan memberikan artikel gratis atau free, tapi jenis artikel yg mengusung konsep gratis. Misalnya,download gratis ebook belajar HTML,atau cara gratis menguasai HTML dalam hitungan jam.Dimana-mana yg namanya gratis akan membuat mata orang terbelalak, apalagi kalau tulisannya Gratis iPhone 6+ (itu saya juga kepengen).

8. Different
Siapa bilang terlihat berbeda itu selalu berkonotasi buruk.Buktinya ada banyak orang-orang di dunia yg sukses besar karena berani tampil beda.Begitu juga di dunia blog.Tidak sedikit artikel yg mengusung konsep different atau berbeda yg malah ramai dikunjungi.Itu karena belum ada yg sama dengan artikel yg dibuatnya.Orang-orang akan lebih senang dengan sesuatu yg baru.

Salah satu contoh suksesnya adalah Raditya Dika.Blogger yg kini telah melahirkan banyak buku itu awalnya menulis karena ingin terlihat beda.Ia menyasar konsep humor dan jenaka.Dalam seketika,blog Radit melejit dan kini udah sukses setengah mati.Langkahnya pun diikuti oleh banyak blogger.

9. Entertainment
Jangan remehkan tulisan-tulisan entertainment.Peminatnya sangat banyak.Apalagi pasca jam-jam sibuk.Orang-orang akan berselancar di internet utk mencari tulisan-tulisan yg menghibur.Baik itu jenisnya humor jenaka atau artikel tentang artis dan jenis hiburan lainnya.

Jenis blog yg membahas kehidupan soal artis saja jumlahnya sangat banyak,belum lagi yg mengulas tentang film,musik,fashion dan segala macam tentang dunia hiburan.Selagi orang-orang disibukkan dengan pekerjaan yg membebani otak,maka saat itu juga jenis tulisan ini akan diburu.

10. News Update
Jenis tulisan ini memang sangaja saya taruh dibagian paling akhir,karena jenis tulisan ini biasanya sangat sedikit dimainkan oleh seorang blogger mandiri.Jenis tulisan news update biasanya digeluti oleh perusahaan media yg mempunyai sumber daya yg besar.

Tapi tidak sedikit pula,blogger yg menggeluti artikel berkaitan dengan berita. Bahkan The Huffington Post,media pemberitaan khususnya politik di Amerika berawal dari tulisan-tulisan si Huffington di blog pribadinya.Kali saja,suatu saat ada media di Indonesia yg lahir dari rahim seorang blogger.

Dari 10 jenis tulisan yg paling banyak dibaca oleh pengguna internet diatas,mana yg saat ini Anda geluti? Terlepas dari apakah blog Anda niche atau gado-gado,semua jenis artikel diatas bisa disatukan dalam satu postingan.Akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan ilustrasi gambar dan video (buatan sendiri).
Baca Juga:Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat
Sebenarnya masih ada banyak jenis tulisan yg banyak diincar oleh pembaca,tapi secara keseluruhan 10 jenis artikel diatas mewakili secara garis besar rasa penasaran pembaca. Beberapa teman juga pernah bertanya,apakah jenis tulisan curhat juga bisa diterima pembaca?Kalau soal ini kasuistik,tapi ada.

Salam blogger dan Jangan Lupa Bahagia! 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates