Sabtu, 03 Desember 2016

Inilah 7 Niche yg Selalu Ramai Visitor

Sebagai blogger pemula atau blogger yg ingin membuat lagi blog baru,tentu hal pertama yg ditentukan ialah niche atau konten apa yang menjadi unsur dasar dari pembuatan blog atau web tersebut.Terkadang hal penentuan niche blog ini menjadi membingungkan.Begitu banyak bisikan-bisikan halus yg menggorogoti pikiran utk konsisten terhadap satu pilihan niche yg dianggap terbaik.Sehingga terkadang keputusan bulat itu menjadi pecah karena terpengaruh oleh sesuatu dan lain hal.

Misalnya saja pilihan niche utk blog baru yg akan dibuat yaitu tentang bisnis online,ternyata tak sengaja berkunjung ke blog seseorang dengan niche motoGP dan blognya ramai pengunjung setiap saat.Disinilah perang pemikiran terjadi, dilematisasi melanda,keraguan pun tak bisa dicegah.Tidak cukup sampai disitu, ternyata niche di blog lainnya juga mempengaruhi keputusan awal kita. Dan begitu seterusnya,hingga utk membuat blog baru pun tak kunjung terwujud. Waktu terbuang sia-sia hanya utk memilih mana niche terbaik utk blog baru ini.

Sebetulnya inti permasalahannya bukan pada pemilihan mana niche terbaik dan mana yg kurang baik,tetapi tingkat konsistensi kita yg kadang kurang kuat menangkal segala godaan yg ada.Hal ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan kemampuan dan kegemaran kita dalam sesuatu.Kita menjadi tidak percaya diri utk memilih niche tertentu karena tidak sesuai dengan passion di diri kita.Kalau sudah begini,mau tidak mau mempermantab konsistensilah menjadi suatu hal yg mutlak.

Berikut ini saya sajikan beberapa niche atau konten blog sebagai acuan dalam memulai blog baru.Beberapa niche berikut ini diyakini mempunyai visitor dan page views yg sangat mumpuni,juga persaingan yg sangat ketat di mesin pencarian.

Daftar Niche Blog yg Selalu Ramai Pengunjung

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/inilah-7-niche-yg-selalu-ramai-visitor.html

Konten tentang berita daily update
Tidak diragukan lagi,di zaman yg serba digital ini dengan dukungan perkembangan gadget yg kian pesat dan hotspot-hotspot WiFi yg tersebar dimana-mana,seseorang dapat dengan mudah mencari informasi apa saja setiap hari di internet.Baik informasi berupa berita politik,saham,bisnis, perang,olahraga,bahkan kejadian yg baru terjadi.

Konten berita dengan tingkat update setiap hari memang dapat mengundang pengunjung yg banyak dalam sekejap.Namun,konten ini dapat terkikis oleh waktu alias tidak fleksibel.Konten semacam ini biasanya hanya akan sangat ramai 3 hari sampai seminggu saja.Biasanya konten/niche semacam ini dikuasai oleh bebrapa web monopoli.

Konten tentang tutorial blog
Niche atau konten tentang tutorial blog juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di Indonesia saja konten tentang tutorial blog masih menjadi primadona, terutama bagi blogger pemula.Blogger pemula ini tertarik ngeblog karena banyak melihat tutorial-tutorial tentang blog,lalu mengimplementasikan bacaanya tersebut ke blog dan artikel-artikel blognya.

Karena konten tutorial blog ini banyak peminatnya,maka persaingan ketat di mesin pencarian pun tak bisa dihindari.

Konten tentang internet marketing atau bisnis online
Konten jenis ini biasanya lahir dari tangan-tangan pelaku pebisnis online yg sudah melalang buana di dunia pemasaran internet.Mereka-mereka itu dapat dikatakan sebagai professional bisnis online yg kerap berbagi tips tentang internet marketing,informasi bisnis dan lain sebagainya di blog atau web mereka.

Jika anda cukup berpengalaman di dunia bisnis on line,maka hal tersebut akan menjadi pondasi kuat untuk anda dalam membuat atau mengembangkan blog baru dengan niche internet marketing atau bisnis online ini.Biasanya niche ini berbarengan dengan pembicaraan mengenai kisah sukses seseorang.Dengan begitu informasi yg dimuat pun akan sesuai dengan zaman apapun alias fleksibel.

Konten tentang informasi teknologi
Konten tentang teknologi ini meliputi informasi bidang inovasi.Pembaca atau peminat dari niche ini tidak sedikit.Lebih-lebih buat mereka yg melek IT dan buat orang-orang yg gemar mencari sebagian referensi tertentu terkait teknologi.

Utk memulai niche ini,anda dituntut menjadi penulis yg faktual.Dengan menghadirkan berbagai refernsi terkait informasi teknologi yg anda tulis. Walaupun begitu,bukan artinya anda tidak bisa berspekulasi atau mengungkapkan opini.

Konten tentang harga dan spesifikasi gadget
Konten jenis ini cukup banyak pengunjung setiap harinya.Baik pengunjung yang menggunakan laptop atau komputer,lebih-lebih yg menggunakan smartphone dan tablet.Salah satu konten buruan para pemain/publisher Google Adsense ialah kotent tentang harga dan spesifikasi gadget. Baik itu harga dan spesifikasi laptop,komputer/PC,handphone,handphone,tablet dan lainnya.Boleh dikatakan bahwa konten ini menjadi lahan empuk bagi publisher Adsense khususnya di Indonesia dalam menggarap dollar di internet.

Hal ini dikatakan demikian karena utk jenis konten iklan dari Indonesia biasanya lebih banyak tentang toko online.Jika anda seorang publisher Adsense dan dapat memaksimalkan optimasi blog anda dengan koten ini,maka siap-siap menerima gaji yg telak dari Adsense.

Konten tentang kesehatan
Salah satu kelompok setia pembaca konten jenis kesehatan ini ialah siswa atau mahasiswa kedokteran atau kesehatan.Konten kesehatan yg biasa dicari biasanya berkaitan tentang cara menurunkan berat badan atau cara diet yg benar,dan kebutuhan kesehatan lainnya.

Konten tentang informasi unik dan aneh
Niche utk blog yg selalu ramai pengunjung berikutnya ialah niche tentang informasi unik,menarik dan aneh.Yaitu berupa informasi-inrofmasi keajaiban, hal yg menggemparkan yg terjadi di belahan dunia tertentu.
Baca Juga:Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis Dan Cara Mengatasinya
Untuk mengoptimasi konten ini agar banyak pengunjung ialah dibagikan ke sosial-sosial media berupa Facebook,Twitter,Google plus dan lainnya,sebagai langkah strategi internet marketing.Konten jenis ini lebih beragam,sehingga membuat pembaca bisa lebih bertahan lama utk menjelajahi blog.

Share:

Jumat, 02 Desember 2016

Apakah Bisa Mendaftarkan Kembali Blog yg Sudah Diterima Google Adsense?

Pertanyaan ini banyak ditemui pada bebrapa forum online yg khusus membicarakan persoalan Google Adsense.Pertanyaan terkait apakah kita dapat mendaftarkan kembali blog atau web yg sudah diterima oleh Google Adsense ini sebetulnya sudah sering ditanyakan sejak lama.Meski demikian,masih banyak juga yg belum mengetahui atau hanya penasaran atau juga sering kepikiran utk melakukan seperti yg ditanyakan tersebut .

Nah,utk membuktikan hal tersebut tentu saja kita membutuhkan sebuah percobaan sekadar memastikan bisa dan tidaknya mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima Google Adsense.Meski ini bukan langsung dari pengalaman saya,setidaknya dari bebrapa forum yg telah saya temui,ternyata ada beberapa orang yg udah mencoba melakukannya dan diterima sebagai publisher GA utk kedua kalinya bahkan berkali-kali mendaftarkan Google Adsense pada blog/web yg sama dan diterima pula.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/apakah-bisa-mendaftarkan-kembali-blog.html

Dengan demikian,dari pengalaman yg telah dibagikan tersebut, maka peluang utk memperbanyak akun GA dari satu blog saja sungguh sangat terbuka. Artinya,blog atau web yg sudah di approve oleh Google Adsense,dapat didaftarkan kembali utk mendapatkan akun kedua,ketiga dan seterusnya.

Lalu bagaimana caranya melakukan hal tersebut?
Utk mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima oleh Google Adsense maka anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini,baik sebelum mendaftarkan kembali dan langkah selanjutnya yang harus dilakukan pada masa review hingga di approve 100%.

Lepas semua kode iklan pada blog yg sudah diterima,baik iklan Adsense (wajib) dan iklan lainnya (opsional).
Hapus blog/web yg menampilkan iklan melalui akun Google Adsense.
Setelah melakukan 2 langkah di atas,tunggulah selama 48 jam kemudian sebelum didaftarkan kembali ke Google Adsense utk kedua kalinya.
Daftarkan blog melalui google.com/adsense.
Daftarkan blog dengan email,nama pemilik,alamat dan data lainnya dengan yg baru atau berbeda dari akun yg sudah di approve.
Masuk pada masa review,pastikan anda mengupdate artikel blog secara berkala dan teratur, 2 hingga 5 artikel setiap hari.
Bagikan artikel ke sosial media dengan sewajarnya (opsional).
Baca JUga:Persebaran fauna dunia
Demikian informasi tentang mendaftarkan kembali blog yg sudah diterima Google Adsense.Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda, terutama yg “make money online from blog” dengan Google Adsense. 
Share:

Kamis, 01 Desember 2016

Istilah-istilah dalam Google Adsense yg Perlu Anda Ketahui

Kita tahu Google Adsense merupakan media periklanan yg cukup menjanjikan saat ini.Banyak blogger yg sering mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya dalam sebulan.Namun,tentu penghasilan sebesar itu tidak didapatkan dengan hanya segampang mebalikkan telapak tangan.Begitu banyak proses yang harus dikerjakan utk hasil yg sedemikian rupa.Seakan usaha berbanding lurus dengan hasil pendapatan yg di peroleh.

Untuk blogger yg masih belum berhasil diterima oleh Google Adsense menjadi mitranya.Teruslah berusaha,teruslah mengoptimasi blog sebaik mungkin.Sikap putus asa bukanlah solusi agar diterima oleh Google Adsense.

Pada artikel ini saya tidak membahas bagaimana proses registrasi agar diterima oleh Google Adsense lebih jauh,melainkan berbagi sedikit informasi mengenail bebrapa istilah yg digunakan dalam Google Adsense.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/12/istilah-istilah-dalam-google-adsense-yg.html

Mengenal bebrapa makna dalam Google Adsense
Mungkin anda sering mendengar istilah tentang CPC,CPM,CTR,RPM dan lain sebagainya.Namun,apakah anda mengetahui apa maksud dari istilah tersebut?. Berikut ini secuil informasi dari bebrapa istilah tersebut yg bisa saya bagikan kali ini.

CPC : Cost per Click
Artinya ialah Biaya Per Klik.Istilah ini digunakan utk menghitung biaya iklan per-kliknya.Pada dasarnya biaya klik setiap iklan yg terlihat di blog atau web ditentukan oleh pengiklan.Nilai CPC antara iklan dengan iklan lainnya adalah berbeda-beda.Setiap unit iklan yg terlihat di blog berbeda-beda antara satu dan lainnya bergantung dari kata kunci tertentu.Nilai CPC periklan hanya diketahui oleh pengiklan dan pihak Google Adsense saja.Publisher tidak diberitahukan tentang hal tersebut.

CPM : Cost per Mille
Kalau dalam istilah di Indonesia singkatan tersebut dikenal dengan istilah BPS artinya biaya per seribu.Artinya,penayang iklan atau publisher akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu impresi halaman blog. CPM merupakan bayaran tersendiri diluar CTR (CTR akan dijelaskan berikutnya) yg terjadi pada blog.

CTR : Click Through Rate
CTR digunakan utk menghitung jumlah klik yg terjadi kemudian dibagi dengan jumlah tayang iklan di blog.Contohnya,jika iklan dalam suatu blog mendapatkan tayangan sebanyak 2000 kali dan mendapatkan klik iklan sebanyak 10 kali, maka penghitungan CTR ialah 10/2000 = 0.005.Karena perhitungan di akun Adsense dalam bentuk persen,maka hasilnya ialah 0. 5%.

RPM : Revenue Per Thoushand Impression
RPM digunakan utk menghitung pendapatan rata-rata yg bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi.Dalam pembayaran RPM ini,ada beberapa faktor yg sangat mempengaruhi nilai kecil dan besar bayarannya.Faktor yg mempengaruhinya ialah jenis konten blog terhadap relevansinya dengan tayangan iklan,dna letak wilayah.RPM digolongkan menjadi tiga bagian,yaitu RPM kueri,RPM halaman, dan RPM permintaan iklan.Berikut penjelasannya.

1) RPM Kueri
Hitungan RPM kueri ialah pembagian antara penghasilan tertaksir dnegan julah kueri yg terlapor kemudian dikalikan 1000.
Rumus : (Penghasilan tertaksir/Jumlah kueri) x 1000 = nilai RPM kueri dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Kueri tertaksi $50 dari 10. 000 kueri.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM kueri ialah :
($50/15. 000) x 1000 = $5. 00.

2) RPM Halaman
Hampir sama dengan perhitungan RPM kueri di atas,hanya saja perhitungan RPM halaman lebih kecil dari RPM Kueri.Perhitungan pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) ialah dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000.
Rumus :(Penghasilan tertaksir/Jumlah halaman terlihat) x 1000 = nilai RPM halaman dalam dollar.

Contoh :
Diketahui : Penghasilan tertaksir ialah $0. 06 dengan 50 tayangan halaman.
Maka utk pendapatan hasil nilai RPM halaman ialah :
($0. 06/50) x 1000 = $1. 2.

3. RPM Permintaan Iklan
Sama halnya dengan penghitungan nilai RPM yang lainnya,pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yg dibuat,lalu dikalikan 1. 000. Contohnya dapat menyesuaikan seperti di atas.

Perlu diketahui, terkait dengan nilai RPM,semuanya diberitahukan dalam bentuk nilai tertaksir, termasuk hasil akhirnya setiap hari.Namun,tentu saja hasil yang diberikan belumlah final.Sebab,banyak juga syarat-syarat yang harus terpenuhi utk mendukung kevalidan dari setiap klik yg terjadi pada setiap iklan.

Jadi,kita hanya benar-benar berharap dan sepenuhnya percaya dengan apa yg telah ditentukan oleh Google Adsense.Pastinya pihak Adsense tidak ingin membuat rugi antara pengiklan dan penayang iklan/publisher,lebih-lebih dalam menjaga kerugian pada pengiklan.
Baca Juga:Tips Internetan Gratis Untuk Smartphone Android Anda
Demikian informasi kali ini tentang bebrapa istilah dalam Google Adsense. Meskipun tidak selengkap-lengkapnya,setidaknya sedikit gambaran yg telah diuraikan di atas dapat membantu anda dalam menjalankan Google Adsense.
Share:

Rabu, 30 November 2016

Tips Mengatasi Penghasilan Adsense Menurun Akibat Googleweblight

Tips adsense kali ini tentang cara mengatasi penghasilan adsense yg menurun karena Googleweblight (Google Weblight).Sebagai blogger tentu semua tau apa itu Googleweblight.Googleweblight ialah sebuah tools milik Google yg bekerja sebagai wadah pengalihan bila koneksi internet pengguna/pengunjung terdeteksi lambat atau lemot.Googleweblight sendiri dimaksudkan utk pengoptimalan laman pada tampilan seluler,walau dalam koneksi lambat sekalipun.

Dengan Googleweblight kecepatan web/blog dikonversi menjadi lebih cepat, bahkan tingkat pengoptimalannya hingga mencapai 80% atau 4x lipat lebih cepat dari biasanya.Namun demikian,Googleweblight disinyalir sebagai salah satu yg mengakibatkan penurunan pendapatan Google Adsense.Sebagian blogger menganggap Googleweblight adalah momok yg sebetulnya tidak perlu ada,karena hanya akan berdampak buruk bagi publisher adsense.Lebih-lebih jika suatu blog tertentu mempunyai tingkat kunjungan (pagewiews) laman yg cukup tinggi dari Googleweblight,bahkan ada saja tingkat kunjungan dari Googleweblight hingga mencapai lebih dari 30%.

Walaupun ada juga iklan Adsense yg terlihat saat web/blog berada pada tools ini,tetapi tata letak web/blog dan iklan menjadi berantakan dan tidak beraturan, alias tidak seperti optimasi settingan iklan yg kita harapkan.Dengan begitu, lengkaplah imbas dari Googleweblight terhadap menurunnya pendapatan Google Adsense.

Sebetulnya tools ini baik bagi pengguna atau pengunjung blog,tetapi musibah bagi blogger,terutama publisher Adsense,dengan alasanan seperti yg telah disinggung sebelumnya.Publisher Adsense harus rela pendapatannya menurun, karena tata letak iklan di Googleweblight menjadi tidak friendly.

Untuk mengatasi hal tersebut,setidaknya 3 faktor berikut patut diterapkan pada web/blog anda.Setidaknya dapat meminimalisir penurunan pendapatan Google Adsense akibat Googleweblight.

Berikut cara mengatasinya.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/11/tips-mengatasi-penghasilan-adsense.html

1. Gunakan Google Adsense non hosted
Sebab banyak yg mengeluhkan bahwa akun Adsense hosted tidak terlihat jika blog berada pada tampilan Googleweblight.Sebagai solusinya,gunakan akun adsense non hosted.BegituDengan begitu iklan anda akan selalu terlihat walau dialihkan ke Googleweblight.

2. Tambahkan link googleweblight.com pada akun adsense (non hosted)
Hal tersebut dilakukan utk mencegah invalid klik pengunjung blog dengan Googleweblight.Utk menerapkan hal tersebut sangatlah gampang.Caranya ialah,silahkan masuk ke akun Google Adsense non hosted anda,lalu menuju ke Setelan Pengelolaan Web kemudian tambahkan (claim) link googleweblight.com lalu klaim.

3. Gunakan template mobile friendly
Di era serba mobile saat ini,penggunaan template responsive saja tidak cukup. Template harus juga mengandung unsur mobile friendly lainnya.Terutama, template pengoptimalan blog harus lebih ringan.Template responsive memang bagus dan ini juga perlu diterapkan.Namun jika ditambah dengan size dan loading template blog dioptimasi sedemikian rupa hingga benar-benar ringan diakses,maka tentu saja hal tersebut adalah lebih baik.

Ketiga perlakuan di atas memang tidak menjamin pendapatan Google Adsense anda menjadi lebih tinggi daribiasanya.Tetapi dengan melakukan hal tersebut setidaknya dapat meminimalisir hal-hal yg mengakibatkan penurunan pendapatan adsense akibat Googleweblight.

Inti dari semua itu ialah,selalu terapkan template yg ramah seluler utk blog anda.Sebab hal tersebut akan membuat pengunjung dari mobile akan lebih nyaman menjelajahi blog anda tersebut.Maka hal lainnya juga akan mengikuti, entah blog tersebut akan lebih direkomendasikan oleh mesin pencarian,hingga kemungkinan berdampak pada peningkatan penghasilan Google Adsense.

Share:

Blogger templates