Kamis, 01 Juni 2017

Penyebab Traffic Blog Naik Turun

Hal yg menjadi pikiran saya belakangan ini,karena traffic pada blog saya kebetulan lagi menurun.Bagaimana cara menyelesaikannya dengan pasti pun saya masih bingung,karena belum ada yang mengulasnya secara jelas.Jadi saya hanya mencoba dan meraba-raba apa yang menjadi penyebabnya berdasarkan kejadian tepat pada saat sebelum traffic blog saya menurun.

Terlepas benar atau tidaknya,saya ingin berbagi apa itu google dance terlebih dahulu.Menurut sepemahaman saya, google dance itu merupakan salah satu tool algoritma miliknya Google yang fungsinya untuk mengacak atau sesuai dengan namanya adalah menggoyang posisi seluruh situs yg sudah tertata di SERP sehingga situs yang baru pun bisa naik tergantung kompetisi sesuai dengan konten dan keyword yang di bidik para webmaster.

Lalu bagaimana cara GOOGLE menggoyangnya? tentunya google dance menggunakan algoritma-algoritma tertentu yang dapat menyaring bebrapa situs yg tidak wajar.Namun yang ada di bayangan saya simpel saja,ibarat kita mengayak tepung dengan menggoyangkannya ke kiri dan ke kanan maka semua tepung akan berjatuhan kecuali yg besar-besar dan yg kasar yg akan tertinggal.Serta tepung-tepung yg tadinya tidak kelihatan karena tertutup tepung yg lain sekarang mulai kelihatan.

Hal ini jika dihubungkan dengan google dance memiliki kemiripan.Tepung-tepung yg diayak ibaratkan adalah semua situs pada SERP.Maka bebrapa situs yang besar dan bersihlah yang akan tertinggal.Lalu situs seperti apa yg akan terjatuh, menurut saya adalah bebrapa situs yg mempunyai hal-hal yang tidak wajar misalnya backlink yg tidak wajar serta hal-hal lainnya.

Nah dengan adanya google dance ini maka cukup memberikan keuntungan bagi bebrapa situs yang baru,karena mempunyai kesempatan bersaing yg lebih besar.Karena mungkin pada waktu sebelumnya sulit bersaing dengan bebrapa situs yg mempunyai sesuatu yg tidak wajar,namun dengan goyangan dari google dance maka bebrapa situs baru pun mempunyai kesempatan untuk muncul dan berada di halaman pertama pencarian GOOGLE.

Coba perhatikan gambar berikut ini.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2017/05/penyebab-traffic-blog-naik-turun.html

Gambar di atas merupakan pageviews milik blog saya bebrapa waktu yang lalu.Di sana terlihat traffic blog saya mengalami penurunan hampir mencapai 50% dari pageviews tertingginya.Bagaimana menurut sobat sekalian,apakah ini termasuk efek dari terkena google dance?

Hal yg saya lakukan adalah memeriksa kembali artikel-artikel beberapa hari sebelum terjadinya penurunan traffic, karena asumsi saya artikel akan terindex google beberapa hari setelah di publish,jadi jika traffic hari ini bermasalah maka kemungkinan besar penyebabnya adalah artikel beberapa hari sebelum terjadinya insiden GOOGLE dance.

Asumsi kedua adalah artikel-artikel lama yg menyebabkan penurunan traffic,tapi asumsi ini langsung terbantahkan karena kalau artikel lama yg bermasalah dan menyebabkan traffic menurun lalu kenapa tidak dari dulu traffiknya turun,atau seharusnya traffiknya tidak meningkat sejak awal.

Akhirnya setelah saya periksa artikel-artikel yg di publish beberapa hari sebelum insiden google dance,saya menemukan bahwa saya terlalu berlebihan dalam memberikan link atau tautan internal pada artikel tersebut.Terlepas dari benar atau tidaknya solusi yg saya lakukan,tapi setelah saya kurangi tautan internal dan hanya yg berhubungan saja yg saya berikan link,alhamdulillah traffic pada blog saya kembali mulai membaik.Berikut ini tampilannya.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2017/05/penyebab-traffic-blog-naik-turun.html


Gambar di atas saya ambil barusan saja saat saya menulis artikel ini dan prediksi saya pagviews hari ini kembali akan berada di atas angka 200an visitor.


Nah sobat sekalian,bagaimana menurut pandangan anda mengenai apa itu GOOGLE dance? Apa penyebabnya?Dan bagaimana cara mengatasinya? serta apakah yg saya alami ini termasuk efek dari terkena google dance atau hanya hal yg wajar terjadi untuk blog-blog yang berumur muda seperti milik saya?
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates