Minggu, 25 September 2016

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Paling Mudah

Nomor Induk Siswa (NIS) yakni kombinasi angka unik yang diberikan oleh tiap-tiap sekolah dari siswa bersangkutan menurut buku induk yg dimiliki sekolah tersebut.Karena dikeluarkan tiap-tiap sekolah maka NIS tiap siswa mulai SD sampai SMA akan berbeda. Sedangkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yakni kombinasi angka pengidentifikasi siswa yg memiliki sifat unik yang dapat membedakan satu siswa dengan yg lain.NISN memiliki sifat permanen artinya angka itu tak berubah dari strata pendidikan SD sampai SMA.

NISN tersusun dari 10 nomor unik yg selalu didahului tiga angka yang merupakan tahun kelahiran siswa yg memiliki NISN tersebut.Contohnya seorang siswa memiliki NISN 0024461842,itu artinya siswa pemilik NISN itu lahir pada tahun 2002.Ada beberapa manfaat NISN yaitu :

1. Sebagai sarana pengidentifikasi tiap siswa didik di seluruh Indonesia dengan standar tertentu yg bersifat tetap dan kontinu.
2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja baik di pusat,daerah hingga sekolah yg bersifat standar,terpadu dan akuntabel berbasis teknologi informasi.
3. Sebagai sistem pendukung Dapodik dalam pengembangan dan penerapan segala program pendidikan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Sedangkan cara cek NISN Siswa SD,SMP,SMA secara garis besar,langkah-langkahnya merupakan sebagai berikut :

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Paling Mudah


– Buka tautan berikut http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.Bisa dipilih pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan nama.Silahkan diisi kolomnya lalu klik tombol Cari.

– Jika sesudah mengetikkan nomor NISN ternyata data siswa tak ada maka bisa menanyakannya ke nomor telepon (021) 57905777 atau (021) 57904804.

– Jika nomor NISN tak diperoleh dan keluar penjelasan “no records to display” maka siswa bisa meminta pihak sekolah bersangkutan untuk membantu mengeceknya.Dan jika memang belum memiliki NISN,pihak sekolah akan membuatkan NISN baru.

– Kamu juga bisa cek NISN lewat aplikasi Android yg bisa di unduh secara gratis lewat google play store di https://play.google.com/store/apps/details?id=ceknisn.w2n.popsi&hl=in

Aplikasi ini kompatibel dengan segala OS ponsel Android,fungsi aplikasi ini adalah untuk cek NISN siswa yg ada di database Web resmi NISN tersebut.Sehingga data yg di tampilkan hasilnya akan valid.Cara Cek NISN lewat aplikasi ini ada 3 langkah yakni :

Dengan cara mengetik Nomor NISN Siswa
Dengan Scan QR Code yg ada di kartu NISN Siswa
Dengan hanya mengetik Nama Siswa saja

Gimana mudah bukan?semoga info Cara Cek NISN Siswa SD,SMP,SMA ini dapat berfaedah untuk Anda. 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates